PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.188Abstract
Penelitian ini merupakan upaya untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Sukoharjo setelah penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).Penelitian ini menggunakan metode Peenelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, tindakan ,observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Sukoharjo, yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa, nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 69,255 pada siklus I sebesar 75,5 dan pada siklus II sebesar 81,8. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 62,5%, siklus I sebesar 75% dan siklus II sebesar 93,75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII D semester 1 SMP Negeri 7 Sukoharjo tahun pelajaran 2017/ 2018”.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.