PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA DAN KESENIAN MELALUI METODE ASISTENSI PADA SISWA KELAS VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.189Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar SBK materi Memainkan Asambel Musik Tradisional Nusantara melalui metode asistensi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/ 2016. Penlitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada kelas VIIIB sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi, wawancara, dan observasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Indikator keberhasilan pelaksanaan PTK ini adalah meningkatnya prestasi belajar SBK siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya persentase ketuntasan siswa minimal 85% dan meningkatnya nilai rata-rata kelas, minimal menjadi 75,00. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa “Metode asistensi dapat meningkatkan prestasi belajar SBK materi Memainkan Asambel Musik Tradisional Nusantara pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 7 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016”.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.