PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJASKES MATERI SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI ALAT BANTU BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS VIII SMP
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.191Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Penjaskes materi servis atas bola voli melalui alat bantu bola gantung pada siswa kelas VIII I UPTD SMP Negeri 2 Mojolaban semester I tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VIII I UPTD SMP Negeri 2 Mojolaban semester I tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 75,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75,0 mencapai ≥ 80%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat bantu bola gantung dapat meningkatkan hasil belajar belajar Penjaskes materi servis atas bola voli melalui alat bantu bola gantung pada siswa kelas VIII I UPTD SMP Negeri 2 Mojolaban semester I tahun pelajaran 2019/2020. Sebelum tindakan/pra tindakan, hasil belajar siswa yang mencapai KKM (Kriteria Minimal Kelulusan) sebanyak 28,12%, pada siklus I 59,37% dan pada siklus II 90,62%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 69,53, siklus I menjadi 73,90, dan siklus II menjadi 82,18.Downloads
Published
2020-09-30
How to Cite
Suparman, S. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJASKES MATERI SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI ALAT BANTU BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS VIII SMP. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 222–132. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.191
Issue
Section
Articles
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.