PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJASKES MATERI SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI ALAT BANTU BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS VIII SMP

Authors

  • Suparman Suparman SMP Negeri 2 Mojolaban

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.191

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Penjaskes materi servis atas bola voli melalui alat bantu bola gantung pada  siswa kelas VIII I UPTD SMP Negeri 2 Mojolaban semester I tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VIII I UPTD SMP Negeri 2 Mojolaban semester I tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 75,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75,0 mencapai ≥ 80%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat bantu bola gantung dapat meningkatkan hasil belajar belajar Penjaskes materi servis atas bola voli melalui alat bantu bola gantung pada  siswa kelas VIII I UPTD SMP Negeri 2 Mojolaban semester I tahun pelajaran 2019/2020. Sebelum tindakan/pra tindakan, hasil belajar siswa yang mencapai KKM (Kriteria Minimal Kelulusan) sebanyak 28,12%, pada siklus I 59,37% dan pada siklus II 90,62%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 69,53, siklus I menjadi 73,90, dan siklus II menjadi 82,18.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Suparman, S. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJASKES MATERI SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI ALAT BANTU BOLA GANTUNG PADA SISWA KELAS VIII SMP. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 222–132. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.191

Issue

Section

Articles