PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BERVISI SETS ( SCIENCE, ENVIROMENTAL, TECHNOLOGY AND SOCIETY ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FERMENTASI BIOLOGI

Authors

  • Budi Susena SMA Negeri 1 Weru

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i4.27

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui:1) meningkatkan kualitas pembelajaran fermentasi pada kelas XII IPA SMA Negeri 1 Weru Sukoharjo, 2) meningkatkan hasil belajar siswa pada materi fermentasi pada kelas XII IPA SMA Negeri 1 Weru Sukoharjo, 3) meningkatkan minat dan motivasi siswa kelas XII IPA SMA Negeri 1 Weru Sukoharjo dalam belajar fermentasi, 4) mengatasi hambatan-hambatan  yang dihadapi siswa dalam belajar fermentasi. Sejalan dengan tujuan tersebut, penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Weru Sukoharjo. Data yang diperoleh dalam penelitian tindakan kelas ini diolah secara diskripsi kuantitatif dan diskripsi kualititatif.  Hasil penelitian menunjukkan  bahwa  persentase rata-rata perilaku siswa dalam pembelajaran fermentasi menunjukkan peningkatan siklus I rata-rata 53,6% menjadi 69,8% pada siklus II dan 83,4%, berarti pendekatan konstruktivisme bervisi SETS terbukti tepat dipakai dalam pembelajaran biologi khususnya fermentasi. Dan dari semua aspek pencapaian hasil belajar menunjukkan peningkatan bila dibandingkan dengan sebelum dilaksanakan penelitian, dan dapat dijelaskan  sebagai bahwa rata-rata ulangan harian dari siklus I  dengan nilai 62,63 siklus II dengan nilai 70,50 dan siklus III dengan nilai 75  sedangkan untuk persentase tuntas belajar yang dicapai juga menunjukkan peningkatan  55% sebelum siklus, 72,5% siklus I, 87,5% siklus II dan 95% pada siklus III. Ini menggambarkan proses pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme bervisi SETS yang diterapkan sesuai dengan tujuan penelitian sehingga terjadi peningkatan pemahaman konsep atau hasil belajar fermentasi.

Downloads

Published

2018-12-30

How to Cite

Susena, B. (2018). PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME BERVISI SETS ( SCIENCE, ENVIROMENTAL, TECHNOLOGY AND SOCIETY ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FERMENTASI BIOLOGI. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(4), 380–391. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i4.27

Issue

Section

Articles