EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i4.64Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan literasi matematika peserta didik dengan penerapan pembelajaran probing-prompting berbasis etnomatematikamencapai ketuntasan belajar; (2) rata-rata kemampuan literasi matematika kelas eksperimen dan kontrol yang diajar dengan pembelajaran ekspositori; dan (3) peningkatan kemampuan literasi matematika kelas kontrol. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan nonequivalent control group design dan dilaksanakan di SD NU Nawa Kartika Kudus kelas IV semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengukur kemampuan literasi matematika peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji ketuntasan belajar, uji perbedaan rata-rata (uji t), dan uji gain untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematika peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan literasi matematika peserta didik dengan penerapan pembelajaran ini dapat mencapai ketuntasan belajar; (2) rata-rata kemampuan literasi matematika kelas eksperimenlebih baik dari rata-rata kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran ekspositori; dan (3) kemampuan literasi kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 54% dengan kategori sedang.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.