EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA

Authors

  • Himmatul Ulya
  • Ratri Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i4.64

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan literasi matematika peserta didik dengan penerapan pembelajaran probing-prompting berbasis etnomatematikamencapai ketuntasan belajar; (2) rata-rata kemampuan literasi matematika kelas eksperimen dan kontrol yang diajar dengan pembelajaran ekspositori; dan (3) peningkatan kemampuan literasi matematika kelas kontrol. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan nonequivalent control group design dan dilaksanakan di SD NU Nawa Kartika Kudus kelas IV semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengukur kemampuan literasi matematika peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji ketuntasan belajar, uji perbedaan rata-rata (uji t), dan uji gain untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematika peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan literasi matematika peserta didik dengan penerapan pembelajaran ini dapat mencapai ketuntasan belajar; (2) rata-rata kemampuan literasi matematika kelas eksperimenlebih baik dari rata-rata kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran ekspositori; dan (3) kemampuan literasi kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 54% dengan kategori sedang.

Published

2017-12-30

How to Cite

Ulya, H., & Rahayu, R. (2017). EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 315–323. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i4.64

Issue

Section

Articles