http://ojs.itapi.or.id/index.php/edudikara/issue/feed Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 2024-08-19T01:45:21+00:00 Soepri Tjahjono soepritj@gmail.com Open Journal Systems <p><em><strong>Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran</strong> is a scientific journal published by the Indonesian Educational Technology Professional Association. This journal publishes research articles, literature studies, scientific concepts, and innovative technologies in the field of education and learning. The scope of the article covers formal, informal, and non-formal education. Edudikara is published 4 times a year, in March, June, September, and December.</em></p> http://ojs.itapi.or.id/index.php/edudikara/article/view/359 Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika 2024-06-23T07:25:36+00:00 Annissya Nuraini Rahmawati annissyarahmawati@gmail.com I Made Ratih Rosanawati imet.made@gmail.com Sadino sadino44@guru.sd.belajar.id <p>PjBL adalah pendekatan pembelajaran yang menggunakan proyek sebagai alat utama untuk mencapai kompetensi dan pengetahuan yang ditargetkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi langkah-langkah penerapan model Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Palur 02, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 5A yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, sedangkan teknik analisis data non tes bersifat deskriptif, kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan langkah-langkah model project based learning berhasil meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan keaktifan belajar siswa dari kondisi prasiklus menunjukkan 38,34 berada pada kategori kurang aktif menjadi 65,78 pada siklus I. Siklus II menunjukkan bahwa 82,08 keaktifan belajar siswa telah mencapai kategori aktif. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar matematika siswa kelas 5A SDN Palur 02 tahun ajaran 2023/2024 setelah diberikan tindakan model Project Based Learning (PjBL). Sebelum tindakan dilakukan, sebanyak 8 siswa (40%) mendapat nilai tuntas. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I terjadi peningkatan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 siswa (65%); pada siklus II terjadi peningkatan jumlah yang tuntas menjadi 16 (80%). Kontribusi penelitian ini memberikan bukti bahwa PjBL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Annissya Nuraini Rahmawati, I Made Ratih Rosanawati, Sadino http://ojs.itapi.or.id/index.php/edudikara/article/view/362 Implementasi Media Loose Parts pada Pendidikan Anak Usia Dini 2024-06-23T07:30:43+00:00 Fepi Triminur Haryanto fepitriminurharyanto1976@gmail.com Anik Twiningsih aniktwiningsih91@guru.paud.belajar.id <p>Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran krusial dalam perkembangan fisik, kognitif, emosional, dan sosial anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi media loose parts pada pembelajaran PAUD. Metode penelitian ini menggunakan metode studi literatur yaitu mengkaji berbagai sumber terkait implementasi media loose parts pada pembelajaran PAUD kemudian dianalisis sehingga menghasilkan sebuah hasil penelitian yaitu kajian teoritis. Sumber data yang digunakan adalah beberapa artikel jurnal ilmiah terkait media loose parts di PAUD, teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis berbasis kajian studi literatur. Hasil penelitian yang dihasilkan adalah kajian teori terkait media loose parts di pembelajaran PAUD. Media loose parts sangat memberikan dampak positif terhadap pembelajaran di PAUD karena sifatnya yang longgar dan mudah didapatkan di lingkungan sekitar serta ragamnya yang banyak sehingga memudahkan guru untuk menyediakannya untuk media belajar siswa. Media loose parts memberikan inovasi baru dalam pembelajaran di PAUD karena dapat meningkatkan keterampilan berpikir siswa, baik keterampilan berpikir kritis, keterampmpilan berpikir kreatif. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian studi literatur ini adalah media loose parts sangat direkomendasikan untuk pembelajaran PAUD karena sifatnya yang longgar, mudah didapat dan banyak ragamnya. Kontribusi penelitian ini penggunaan media loose parts dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada anak.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Fepi Triminur Haryanto, Anik Twiningsih http://ojs.itapi.or.id/index.php/edudikara/article/view/363 Nilai Pendidikan Pada Q.S. Ar-Ra’ad Ayat 28 dan Relevenasinya terhadap Pendidikan Moral dan Spritual 2024-08-04T07:47:12+00:00 Abdul Aziz Ridha azizridha5@gmail.com <p>Salah satu aspek pendidikan yang harus menjadi perhatian dalam proses pendidikan yaitu Pendidikan Moral dan Spiritual, moral dan spiritual yang baik akan memberikan dampak positif dalam proses belajar mengajar, dan sebagai umat islam Al Qur’an telah memberikan pedoman dalam membina moral dan spiritual, salah satu ayat di dalam Al Qur’an yang bisa dijadikan acuan terletak pada Q.S Ar-Ra’ad ayat 28. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Nilai-nilai pendidikan Pada Q.S Q.S Ar-Ra’ad ayat 28 dan Relevansinya terhadap Pendidikan Moral dan Spiritual. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan dimana menelaah pustaka-pustaka yang relevan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai-nilai pendidikan pada Q.S Ar-Ra’ad ayat 28 diantaranya Keimanan, ketentraman hati, Mengingat Allah, Integrasi nilai-nilai spiritual, mengatasi stress dan kecemasan, serta membentuk karakter yang baik. Relevansinya dalam dunia pendidikan moral dan spiritual diantaranya adalah dengan memiliki keimanan maka hati akan menjadi tenang, selain itu dilakukan juga pembiasaan ibadah dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk mengingat Alllah, karena dengan mengingat Allah maka hati akan menjadi tenang, dengan hati yang tenang maka anak-anak akan tenang dalam mengahadapi segala permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menawarkan panduan praktis untuk mengimplementasikan dalam konteks pendidikan moral dan spiritual, yang pada akhirnya berkontribusi pada pembentukan individu yang berkarakter dan stabil secara emosional.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Abdul Aziz Ridha http://ojs.itapi.or.id/index.php/edudikara/article/view/364 Peran Mindfulness terhadap Regulasi Diri dalam Belajar 2024-08-04T07:50:27+00:00 Fredericksen Victoranto Amseke dedyamseke@iaknkupang.ac.id Juber S. Tung Blegur dedyamseke@iaknkupang.ac.id <p>Regulasi diri dalam belajar adalah kemampuan siswa untuk merencanakan, mengarahkan, dan memonitori setiap perilakunya dalam belajar untuk mencapai suatu tujuan tertentu yaitu meraih prestasi belajar dengan melibatkan unsur fisik, kognitif/pikiran, emosional, dan sosial agar sesuai dengan nilai, moral, dan aturan yang berlaku dalam lingkungan masyarakat. Regulasi diri dipengaruhi oleh faktor internal yaitu <em>mindfulness</em>. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh <em>mindfulness</em> terhadap regulasi diri siswa dalam belajar. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Alat pengumpulan data dalam penelitian menggunakan skala dukungan sosial orang tua dan skala <em>flow </em>akademik. Responden penelitian ini berjumlah 59 siswa kelas XI di SMA X di Kota Kupang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa <em>mindfulness</em> berpengaruh positif dan signifikan terhadap regulasi diri dalam belajar siswa sebesar 62,6%. Hal ini menyimpulkan bahwa semakin tinggi <em>mindfulness</em> maka dapat meningkatkan regulasi diri siswa dalam belajar sebagai kesadaran diri siswa untuk mengatur diri untuk belajar dengan melibatkan pikiran, perasaan dan perilaku sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar dengan optimal. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai peran mindfulness dalam mendukung regulasi diri siswa, yang pada akhirnya dapat diimplementasikan dalam strategi pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar secara optimal.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Fredericksen Victoranto Amseke, Juber S. Tung Blegur http://ojs.itapi.or.id/index.php/edudikara/article/view/365 Pengaruh Gamifikasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Broadcasting: Studi Penggunaan Quizizz di Sekolah Kejuruan 2024-08-19T01:45:21+00:00 Sri Kartini kartinisri21@gmail.com Ismail ismail.univetbantara@gmail.com Hamda Kharisma Putra hamdakharismaputra@gmail.com Syifa Fauziyah syifafauziyah26@gmail.com <p>Pembelajaran interaktif yang menggunakan teknologi, seperti game-based learning, semakin diminati untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman materi. Quizizz, sebagai salah satu media pembelajaran berbasis game, dirancang untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi efektivitas penggunaan Quizizz terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Dasar-Dasar Broadcasting. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan Quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas X Broadcasting di salah satu sekolah kejuruan swasta di wilayah Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian yang membagi sampel sebanyak 30 siswa menjadi dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan Quizizz dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dianalisis menggunakan uji independent t-test dengan aplikasi SPSS Versi 25. Hasil uji independent t-test menunjukkan nilai t-hitung sebesar 5,189 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Karena nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok yang menggunakan Quizizz dan kelompok yang menggunakan metode konvensional. Penggunaan Quizizz terbukti memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Dasar-Dasar Broadcasting. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan dengan menegaskan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis game seperti Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terutama dalam konteks pembelajaran kejuruan.</p> 2024-06-30T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Sri Kartini, Ismail, Hamda Kharisma Putra, Syifa Fauziyah