UPAYA MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SRAGEN MELALUI BIMBINGAN KARIR DENGAN PENGGUNAAN MEDIA MODUL

Authors

  • Joko Sugiyarto SMK Negeri 1 Sragen

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i3.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perencanaan karir peserta didik melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul pada peserta didik kelas XII AK 2 SMK Negeri 1 Sragen tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek yang diambil dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 12 peserta didik yang memiliki tingkat perencanaan karir rendah. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data yang digunakan menggunakan rumus t-test untuk melihat perbedaan rerata pretest dan rerata posttest. Hasil penelitian menunjukan perencanaan karir peserta didik kelas XII AK 2 dapat ditingkatkan melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul yang dilihat dari adanya perbedaan yang signifikan dari rerata sebelum dilakukan bimbingan karir sebesar 105,25 dan setelah dilakukan bimbingan karir rerata sebesar 122,50. Sehingga dapat disimpulkan “ada peningkatan perencanaan karir melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul pada peserta didik kelas XII AK 2 SMK Negeri 1 Sragen tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan bagi guru bmbingan dan konseling dalam penyusunan program dan pengembangan media layanan bimbingan konseling karir untuk meningkatkan perencanaan karir peserta didik.

Downloads

Published

2019-03-03

How to Cite

Sugiyarto, J. (2019). UPAYA MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SRAGEN MELALUI BIMBINGAN KARIR DENGAN PENGGUNAAN MEDIA MODUL. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 275–284. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i3.11

Issue

Section

Articles