PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PROSEDUR KEAMANAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA

Authors

  • Sri Sukeksi

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v1i2.111

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran
Prosedur Keamanan dan Kesehatan Kerja. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) yang terdiri atas dua siklus, langkah-langkah setiap siklus adalah perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe
Jigsaw dalam pembelajaran Kesehatan dan Keselamatan Kerja khususnya pada materi pokok
bahasan memahami prosedur keamanan dan kesehatan kerja dapat meningkatkan keaktifan fisik
maupun afektif siswa. Hal ini terlihat dari meningkatnya presentase rata-rata keaktifan siswa
sebesar sebesar 9,96%, yaitu dari siklus I sebesar 51,35% menjadi 61,31% pada siklus II dan
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran Kesehatan dan Keselamatan Kerja
khususnya pada materi pokok bahasan memahami prosedur keamanan dan kesehatan kerja dapat
meningkatkan hasil belajar siswa ditinjau dari segi ketuntasan klasikal. Hal ini terlihat dari
meningkatnya presentase ketuntasan klasikal sebesar 13,67%, yaitu dari siklus I sebesar 78%
menjadi 91,67% pada siklus II.

Downloads

Published

2019-03-30

How to Cite

Sukeksi, S. (2019). PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PROSEDUR KEAMANAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 34–41. https://doi.org/10.32585/edudikara.v1i2.111

Issue

Section

Articles