Penggunaan Metode Artikulasi untuk Mengajar Passive Voice

Authors

  • Nurnaningsih Nurnaningsih Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i1.137

Keywords:

artikulasi, metode mengajar, pasive voice

Abstract

Bahasa Inggris masih menjadi pelajaran yang tidak menarik minat siswa untuk dipelajari sehingga masih banyak siswa yang tidak memiliki nilai maksimal untuk pelajaran bahasa Inggris. Penerapan metode pendidikan artikulasi dapat menarik minat siswa untuk belajar bahasa Inggris, artikulasi khususnya pada penelitian kali ini. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil data penelitian dari interaksi siswa dengan guru dan interaksi siswa dengan siswa pada pembahasan Passive Voice, melalui perekaman dengan alat video. Sedangkan untuk tehnik pengumpulan data adalah wawancara dengan guru dan siswa, observasi keadan proses pembelajaran dan dokumentasi pencatatan atas perekaman video yang telah dilakukan. Penerapan artikulasi dikelas XI SMA Muhammadiyah Sukoharjo: a. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai, b. Guru menyajikan materi sesuai tujuan pembelajaran, c. untuk mengetahui daya serap siswa, sehingga dibentuk kelompok berpasangan dua orang, d. menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya, e. menugaskan siswa secara bergiliran atau diacak menyampaikan hasil wawancaranya, f. Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa, g. Kesimpulan/penutup. Metode artikulasi ini telah membuat siswa menjadi lebih perhatian kepada mata pelajaran bahasa Inggris. Metode artikulasi telah membuat siswa bangga jika dapat menerangkan secara komplit kepada temannya, dan bisa membuat teman lebih faham

Downloads

Published

2019-03-30

How to Cite

Nurnaningsih, N. (2019). Penggunaan Metode Artikulasi untuk Mengajar Passive Voice. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i1.137

Issue

Section

Articles