Model Student Team Achievement Devision untuk Meningkatkan Minat Siswa terhadap Pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif

Authors

  • Arif Budiyarno SMK Negeri 1 Plupuh

Keywords:

Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif, Minat Belajar, Student Team Achievement Devision

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana penggunaan metode STAD dalam meningkatkan pemahaman dan aktivitas belajar siswa pada pelajaran PDTO. Bentuk penelitian tindakan kelas berdasarkan siklus kegiatan yang sudah direncanakan. Pengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket, ulangan harian, dan lembar observasi. Pada siklus 1 hasil belajar siswa 6,43 menjadi 7,36 pada silklus II dan 7,89 pada siklus III. Hasil observasi menunjukkan kenaikan dimana pada siklus II naik sebesar 16,66 % dari pembelajaran siklus I. Pada observasi siklus III naik 14,59 % dibandingkan dengan siklus II. Dari hasil observasi dikelas, menunjukkan siswa yang  berkemampuan tinggi terlihat lebih aktif dan antusias, sehingga memuncul kerjasama saling membantu serta berbagi pendapat dalam menyelesaikan tugas. Dari 7 kelompok, 80 % dapat menyelesaikan dengan baik dan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa mampu menemukan langkah-langkah dalam mencari penyelesaian dari suatu materi yang harus dipahami dan dikuasai  oleh siswa, baik secara individu maupun kelompok. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan  pemahaman dan aktivitas proses belajar mengajar.

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Budiyarno, A. (2022). Model Student Team Achievement Devision untuk Meningkatkan Minat Siswa terhadap Pembelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 10–16. Retrieved from https://ojs.itapi.or.id/index.php/edudikara/article/view/138

Issue

Section

Articles