Meningkatan Hasil Belajar Biologi melalui Model Mastery Learning Pada Siswa Kelas XII SMAN 8 Palembang

Authors

  • Saparudin Saparudin

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i1.144

Abstract

Pembelajaran adalah suatu proses interaksi yang terjadi antara peserta didik, pendidik, serta sumber atau media belajar yang digunakan dalam mencapai suatu kompetensi tertentu melalui kegiatan belajar yang dilakukan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar Biologi setelah diterapkannya model pembelajaran Mastery Learning pada peserta didik kelas XII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Biologi setelah diterapkan model pembelajaran Mastery Learning pada peserta didik kelas XII IPA 1 SMA Negeri 8 Palembang. Metode Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Pembelajaran dengan Model Pembelajaran Mastery Learning mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar peserta didik dalam setiap siklus, yaitu pra siklus (44,74%), siklus I (71,05%) dan (97,37%) pada siklus II.

Downloads

Published

2019-03-30

How to Cite

Saparudin, S. (2019). Meningkatan Hasil Belajar Biologi melalui Model Mastery Learning Pada Siswa Kelas XII SMAN 8 Palembang. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 41–51. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i1.144

Issue

Section

Articles