Penerapan Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Animasi Siswa SMK

Authors

  • Reni Wulandari

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i2.147

Keywords:

Student teams achievement divisons, Hasil Belajar, Animasi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana penerapan student teams achievement divisons  untuk meningkatkan hasil belajar animasi  siswa SMK . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada Siklus I siswa hanya diberikan tugas dan pertanyan lisan, sementara pada Siklus II menerapkan student teams achievement divisons . Capaian dari penelitian ini diantaranya peningkatan persentase hasil belajar siswa, dari 61% pada Pra Siklus, menjadi 77,4% pada akhir Siklus I, dan menjadi 83% pada akhir Siklus II. Peningkatan lainnya terjadi pada keaktifan siswa dan guru. Persentase keaktifan siswa mengalami peningkatan dari 67,7% pada Pra Siklus,  menjadi 74% pada Siklus I, dan menjadi  87% pada akhir Siklus II.  Sementara aktivitas guru meningkat dari 74% pada Pra Siklus,  menjadi 80% pada Siklus I, dan menjadi  87% pada akhir Siklus II.  Peningkatan ini tentu dikarenakan adanya perbaikan-perbaikan selama proses pembelajaran oleh guru dan kolaborator selama dua Siklus. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan penerapan student teams achievement divisons secara tepat mampu meningkatkan hasil belajar  animasi siswa SMK.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Wulandari, R. (2019). Penerapan Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Hasil Belajar Animasi Siswa SMK. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 71–79. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i2.147

Issue

Section

Articles