Evaluasi terhadap Hasil Proyek Tugas Akhir Jurusan Multimedia dengan Model CIPP

Authors

  • Dhyana Sulistyawati

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i2.150

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan konteks, input, proses dan produk dalam pengelolaan ujian proyek tugas akhir. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, di mana data penelitian yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Kegiatan penelitian ini menggunakan populasi dan sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh warga sekolah di SMK Negeri 1 Miri Kabupaten Sragen.Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang dapat memberikan informasi terkait adanya pengelolaan Proyek Tugas Akhir. Data yang diperoleh dari hasil observasi terhadap sampel penelitian ini, diuraikan dalam bentuk tabel. Panduan lembar kuesioner terdiri dari 22 pernyataan, yang menggambarkan hasil project siswa. Berdasarkan evaluasi context, input, proses, produk hasil project, didapatkan data yang menunjukkan bahwa secara context, input, proses, maupun produk hasil project siswa sangat baik. Berdasarkan penelitian ini di dapat hasil Pada evaluasi context data tersebut meliputi tampilan produk, karakteristik program, dan karakteristik pengguna. Pada evaluasi input data tersebut meliputi materi yang ada pada produk, standar kompetensi dan kompetensi dasar, rancangan penyusunan program, dan strategi pembuatan produk. Pada evaluasi proses data tersebut meliputi ketepatan pengumpulan produk, kesanggupan guru dalam membimbing pembuatan produk, pemanfaatan sarana dan prasarana dalam pembuatan produk, dan siswa mampu menyelesaikan hambatan dalam pembuatan produk. Pada evaluasi produk data tersebut meliputi desain produk, desain animasi, desain video, desain audio, ketepatan antara tempo lagu dengan produk

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Sulistyawati, D. (2019). Evaluasi terhadap Hasil Proyek Tugas Akhir Jurusan Multimedia dengan Model CIPP. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 99–107. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i2.150

Issue

Section

Articles