Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Endang Purwanti

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i2.151

Keywords:

Model pembelajaran kooperatif tipe make a match, hasil belajar PAI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI materi Zakat dan Haji siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match  pada siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Gatak semester I tahun pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas IX C SMP Negeri 1 Gatak semester I tahun pelajaran 2017/ 2018 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 78,0 mencapai ≥ 90%.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi Zakat dan Haji siswa kelas IX C SMP Negeri 1 Gatak. Sebelum tindakan/prasiklus,hasil belajar siswa yang mencapai KKM 20 siswa atau 62,5%, pada siklus I, 25 siswa atau 78,1% dan pada siklus II, 31 siswa atau 96,9%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 76,1 setelah tindakan siklus I sebesar 81,6 dan setelah tindakan siklus II sebesar 87,8.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Purwanti, E. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 108–117. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i2.151

Issue

Section

Articles