Peningkatan Hasil Belajar dalam Menulis Surat Dinas melalui Metode Examples Non Examples

Authors

  • Tri Murni

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i2.154

Keywords:

hasil belajar, metode examples non examples

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dalam menulis surat dinas melalui metode examples non examples siswa kelas VIIII A semester I SMP Negeri 1 Tawangsari tahun pelajaran 2016/ 2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIII A SMP Negeri 1 Tawangsari yang berjumah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Indikator keberhasilan pada akhir siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar dalam menulis surat dinas 80,00, dan ketuntasan minimal 90% yang diajar dengan metode examples non example. Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan metode examples non examples dapat meningkatkan hasil belajar dalam menulis surat dinas siswa kelas VIIII A semester I SMP Negeri 1 Tawangsari tahun pelajaran 2016/ 2017. Adanya peningkatan pada hasil belajar siswa dalam menulis surat dinas, yaitu: nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 72,9,5, pada siklus I sebesar 76,1, dan pada siklus II sebesar 81,3. Peningkatan nilai ketuntasan minimal, yaitu: sebelum tindakan 56,25%, pada siklus I sebesar 75% dan pada siklus II sebesar 86,9%.

Downloads

Published

2019-06-30

How to Cite

Murni, T. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dalam Menulis Surat Dinas melalui Metode Examples Non Examples. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 137–145. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i2.154

Issue

Section

Articles