MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PENDEKATAN SUPERVISI AKADEMIK KOLABORATIF DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Adelina Dince SD Negeri Wuring, Sikka, Nusa Tenggara Timur

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i3.155

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di SD Negeri Wuring dihasilkan dua hal berikut: (1) Proses supervisi dengan menerapkan pendekatan supervisi kolaboratif secara spesifik terdiri dari tahap pra-supervisi kolaboratif, supervisi kolaboratif dan pasca-supervisi kolaboratif. Proses supervisi dengan menerapkan pendekatan supervisi kolaboratif mengalami perkembangan dari siklus I ke siklus II. Pada tahap pra-supervisi kolaboratif siklus I, curah pendapat tidak berjalan dengan efektif karenakepala sekolah tidakmelakukan koordinasi dengan semua guru dan tidak menjelaskan teknis supervisi kolaboratif yang akan dilaksanakan diantaranya mengindentifikasi masalah-masalah krusial ketika guru  melaksanakan kinerja profesionalnya, mencatat dan membawanya pada saat curah pendapat dan diskusi bersama kepala sekolah dan guru lainnya. Kemudian pada siklus II, kepala sekolah melakukan koordinasi dengan semua guru dan menjelaskan teknis supervisi kolaboratif yang akan dilaksanakan serta menguatkan dan menegaskan kepada guru untuk menyiapkan kelengkapan terkait kinerja profesionalnya sehingga curah pendapat dan diskusi berjalan dengan tertib dan efektif; (2) Peningkatan kompetensi profesional guru di SD NegeriWuring dari pra-siklus ke siklus Isebesar 18,18 poin. Rata-rata kompetensi profesional guru pada pra-siklus sebesar 52,27 dengan kriteria kurang dan pada siklus I sebesar 70,45 dengan kriteria cukup. Kompetensi profesional guru juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 18,19 poin. Rata-rata kompetensi profesional guru pada siklus II sebesar 88,64 dengan kriteria baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru di SD Negeri Wuringdapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan supervisi kolaboratif.

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

Dince, A. (2019). MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PENDEKATAN SUPERVISI AKADEMIK KOLABORATIF DI SEKOLAH DASAR. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 146–161. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i3.155

Issue

Section

Articles