UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Maria Avilanti SD Katolik 068 Napungliti, Sikka, Nusa Tenggara Timur

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i3.156

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SD Katolik 068 Napungliti khususnya materi pecahan melalui bantuan alat peraga benda konkret, agar nilai yang dihasilkan dapat memenuhi syarat ketuntasan belajar. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kelas yang terdiri dari tiga siklus, tiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian adalah pada siklus I siswa yang tuntas belajar sejumlah 14 siswa (58,3 %) dan yang tidak tuntas belajar sejumlah 10 siswa (41,7 %) dengan nilai rata-rata kelas 6,2 dan daya serap 61,7 %. Hasil pada siklus II siswa yang tuntas belajar sejumlah 17 siswa (70,8 %) dan yang tidak tuntas belajar sejumlah 7 siswa (29,2 %) dengan nilai rata-rata kelas 7,3 dan daya serap 73,3 %. Sedangkan hasil pada siklus III jumlah siswa yang tuntas belajar 21 siswa (87,5 %) dan yang tidak tuntas belajar sejumlah 3 (12,5 %) siswa dengan nilai rata-rata kelas 8,8 dengan daya serap 87,9%. Karena sudah memenuhi indikator keberhasilan bahkan sampai melebihi dari nilai yang peneliti targetkan, maka penelitian ini dihentikan pada siklus III. Dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pecahan pada kelas SD Katolik 068 Napungliti dengan tingkat partisipasi siswa yang cukup menggembirakan serta memacu guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan model pembelajaran.

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

Avilanti, M. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PECAHAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA DI SEKOLAH DASAR. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 162–173. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i3.156

Issue

Section

Articles