PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI METODE STRUKTURAL TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Sri Sugiarti SMP Negeri 1 Banyudono

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i3.160

Keywords:

make a match, keterampilan menulis aksara Jawa

Abstract

Dalam proses pembelajaran, tentunya ada berbagai masalah yang harus diatasi, antara lain mengenai proses dan hasil pembelajaran yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis aksara Jawa pada kelas VIII F SMP Negeri 1 Banyudono. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Juli sampai September 2017, mulai dari persiapan sampai penyusunan laporan. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII F SMP Negeri 1 Banyudono tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, pemberian tes dan pengamatan. Untuk menguji validitas data, peneliti menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian ini menggunakan model make a match dalam setiap pertemuan. Sedangkan indikator capaian penelitian ini adalah apabila sudah mencapai target yang sudah ditetapkan, dan jumlah siklus ditentukan dari ketercapaian target. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa model make a match dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pada pembelajaran keterampilan menulis aksara Jawa.

Downloads

Published

2019-09-30

How to Cite

Sugiarti, S. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA MELALUI METODE STRUKTURAL TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 192–207. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i3.160

Issue

Section

Articles