PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KESEBANGUNAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MEDIA POWER POINT

Authors

  • Siti Nuryatni SMP Negeri 2 Mojolaban

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.168

Keywords:

Model pembelajaran, media powerpoint, hasil belajar, matematika, Student Team Achievement Division

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi Kesebagunan melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match  pada siswa kelas IX J SMP Negeri 2 Mojolaban semester I tahun pelajaran 2018/ 2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas IXJ SMP Negeri 2 Mojolaban semester I tahun pelajaran 2018/ 2019 yang berjumah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 75,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75,0 mencapai ≥ 80%.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi Kesebangunan pada siswa kelas IX J  SMP Negeri 2 Mojolaban tahun pelajaran 2018/ 2019. Sebelum tindakan/prasiklus,hasil belajar siswa yang mencapai KKM sebanyak 30,3%, pada siklus I, 66% dan pada siklus II, 84,84%. Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan/prasiklus sebesar 60,45, siklus I menjadi 69,84, dan siklus II menjadi 78,93.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Nuryatni, S. (2019). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KESEBANGUNAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN MEDIA POWER POINT. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(4), 253–265. https://doi.org/10.32585/edudikara.v4i4.168

Issue

Section

Articles