Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita dalam Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Bambang Eko Putro Sri Nugroho SMP Negeri 4 Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i1.173

Keywords:

pembelajaran berbasis masalah, media audio visual, kemampuan menulis berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kualitas proses menulis teks berita melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dan pemanfaatan media audio visual pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016, dan (2) kualitas hasil menulis teks berita melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah dan pemanfaatan media audio visual pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/ 2016  sebanyak 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan pemanfaatan media audio visual terbukti dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar menulis teks berita siswasiswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016; dan (2) Peningkatan kualitas proses belajar menulis teks berita siswa ditandai dengan meningkatnya keaktivan dan keantusiasan siswa, partisipasi siswa, perhatian siswa, aktivitas saat melaksanakan pengamatan dan wawancara, dan keaktivan siswa dalam kerja kelompok.

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

Nugroho, B. E. P. S. (2020). Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pemanfaatan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i1.173

Issue

Section

Articles