PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR)

Authors

  • Imtihan Syamsul Maarif SMP Negeri 4 Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.185

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjosemester 1 tahun pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di kelas VIII A SMP Negeri 4 Sukoharjo semester 1 tahun pelajaran 2017/ 2018 yang berjumah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan adalah nilai rata-rata tes siswa sekurang-kurangnya 80,0 dan banyak siswa dengan nilai di atas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 80,0 mencapai ≥ 85%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa Kelas VIII A semester 1 SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2017/ 2018. Hal ini dapat ditunjukan dengan meningkatnya nilai keterampilan menulis bahasa Indonesia siswa dari 71,03 meningkat menjadi 80,56 ≥ 80,00 dan persentase ketuntasan belajar siswa dari 46,88% meningkat menjadi 87,5% ≥ 85%.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Maarif, I. S. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR). Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 146–159. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.185

Issue

Section

Articles