PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VIII SMP

Authors

  • Sridadi Sridadi SMP Negeri 7 Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.188

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Sukoharjo setelah  penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).Penelitian ini menggunakan metode Peenelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, tindakan ,observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Sukoharjo, yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar IPA siswa melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil  belajar IPA siswa, nilai rata-rata hasil  belajar IPA siswa mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan sebesar 69,255 pada siklus I sebesar 75,5 dan pada siklus II sebesar 81,8. Selain itu, persentase ketuntasan belajar siswa juga meningkat, yaitu sebelum tindakan sebesar 62,5%, siklus I sebesar 75% dan siklus II sebesar 93,75%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Model pembelajaran kooperatif TGT dapat meningkatkan hasil  belajar IPA siswa kelas VIII D semester 1 SMP Negeri 7 Sukoharjo tahun pelajaran 2017/ 2018”.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Sridadi, S. (2020). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT PADA SISWA KELAS VIII SMP. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 183–194. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.188

Issue

Section

Articles