PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA DAN KESENIAN MELALUI METODE ASISTENSI PADA SISWA KELAS VIII SMP

Authors

  • Suratmi Suratmi SMP Negeri 7 Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.189

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar SBK  materi Memainkan Asambel Musik  Tradisional Nusantara melalui metode asistensi pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 7 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/ 2016. Penlitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada kelas VIIIB sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi,  wawancara, dan observasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Indikator  keberhasilan pelaksanaan PTK ini adalah meningkatnya prestasi belajar SBK siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya persentase ketuntasan siswa minimal 85% dan meningkatnya nilai rata-rata kelas, minimal menjadi 75,00. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa “Metode asistensi dapat meningkatkan prestasi belajar SBK materi Memainkan Asambel Musik  Tradisional Nusantara pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 7 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016”.

 

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Suratmi, S. (2020). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SENI BUDAYA DAN KESENIAN MELALUI METODE ASISTENSI PADA SISWA KELAS VIII SMP. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 195–209. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i3.189

Issue

Section

Articles