Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Manufaktur Materi Biaya Overhead Pabrik

Authors

  • Sri Yuliningsih SMK N 1 Sragen

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i2.214

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar akuntansi melalui penerapan metode PBL ( Problem Basec Learning ) pada peserta didik kelas XII Akuntansi 2 Semester 5 Tahun 2017 / 2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan peserta didik dari siklus I sampai dengan siklus II. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Akuntansi 2 Semester 5 Tahun 2017 / 2018 yang berjumlah 31 Peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes yang diperoleh dari setiap tindakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan  keaktifan  dan prestasi belajar peserta didik. Pada aspek kognitif, sebelum dilaksanakan tindakan diperoleh rata-rata ketuntasan peserta didik sebesar 61,29 % dan setelah dilaksanakan tindakan rata-rata ketuntasan meningkat menjadi 80,65% pada siklus I dan 90,32% pada siklus II. Keaktifan peserta didik dalam beberapa indikator pada aspek afektif juga meningkat dari siklus I sampai siklus II. Sedangkan pada aspek afektif, sebelum dilakukan tindakan memiliki rata-rata sebesar 61.29% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 74,48% pada siklus I dan 88.39% pada siklus II.  Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode PBL ( Problem Basec Learning ) dapat meningkatkan  keaktifan dan pestasi belajar akuntansi perusahaan manufaktur bagi kelas XII Akuntansi  2 Semester 5 Tahun Pelajaran 2017/ 2018.

Downloads

Published

2020-06-30

How to Cite

Yuliningsih, S. (2020). Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Manufaktur Materi Biaya Overhead Pabrik. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 74–87. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i2.214

Issue

Section

Articles