Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang

Authors

  • Yunanto Ari Prabowo SMK Negeri 1 Sragen

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i1.226

Keywords:

keaktifan, hasil belajar, quantum teaching, akuntansi

Abstract

Abstrak  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching untuk peningkatan keaktifan dan hasil belajar mata pelajaran Akuntansi perusahaan dagang  bagi peserta didik kelas XII AK 4 semester ganjil SMK Negeri 1 Sragen tahun 2018/2019.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus melalui 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Penelitian dikatakan berhasil jika peserta didik mencapai KKM dengan ketuntasan klasikal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) keaktifan peserta didik mengalami peningkatan dengan prosentase keaktifan sebesar  53 % pada siklus I, meningkat menjadi 85 % pada siklus II, 2) Peserta didik yang mendapat nilai dengan predikat B di siklus I sebesar 50% mengalami peningkatan 25%,  pada siklus II naik menjadi 75%. Rata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari 73,78 di siklus I meningkat menjadi 80,78 di siklus II atau meningkat 7 poin. Nilai rata-rata pada siklus I 75 meningkat menjadi 82 pada siklus II, terjadi peningkatan 7 poin

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Prabowo, Y. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 17–25. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i1.226

Issue

Section

Articles