Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Peraga Patalsula untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Ni'amah Ni'amah Teacher

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i2.237

Keywords:

hasil belajar, patalsula, problem based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan model Problem based learning Berbantuan Alat Peraga Patalsula dalam meningkatkan hasil belajar dan kualitas proses pembelajaran dalam memahami Q.S Luqman 13-14. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas  yang dilakukan dalam dua siklus tindakan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuntitatif dengan persentase.Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran model Problem based learning dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi yang telah disampaikan guru selama tindakan. Hasil belajar siswa pra siklus menunjukan hasil yang belum optimal, dari 22 orang siswa penilaian hasil belajar, siswa yang tuntas hanya 14 siswa atau mencapai 64 % siswa yang tuntas secara klasikal. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 71 atau dibawah nilai indikator kinerja.Setelah dilakukan tindakan baik siklus 1 dan siklus 2 hasil ketuntasan belajar meningkat dari kondisi awal, siklus 1, dan siklus 2 yaitu masing-masing 64%, 82%, dan 91%. Pada siklus 2 ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai yaitu diatas 85,00. Analisis data hasil pengolahan  kinerja guru dengan lembar keterlaksanaan pembelajaran dalam bentuk instrument pengamatan oleh observer juga mencapai skor 80 dengan kategori baik Kondisi ini

References

Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum. Bandung: Refika Aditama.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan: Untuk Guru, Kepala Sekolah, & Pengawas. Yogyakarta: Aditya Media.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ibrahim, Muslimin dan Nur, Mohamad. (2000). Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Mujiarso, J. (2014). Peningkatan Aktivitas Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Materi Kesebangunan di Kelas IX B SMP Negeri 1 Samalantan. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, Vol 5, No 1, 1-10.

Rifa’I, Acmad dan Anni, Chatarina Tri. (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang Unnes Press.

Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sudikin dkk. (2008). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Insan Cendekia.

Sugiarti, Titik. (1997). Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit: Alfabeta Bandung.

Sumitro, Auliyah, dkk. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, Vol. 2, No. 9, Bln September, Thn 2017, Hal 1188—1195.

Suprihatiningrum, Jamil. (2013). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, A.( 2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada media Group.

Uno, H. B & Mohamad, N. (2011). Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta. Bumi Aksara.

Wibawa, Risky Kusama Putra. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Menggambar Teknik Mesin Di Smk Piri Sleman. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hakim, A. B., & Hakim, A. B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle , Google Classroom Dan Edmodo, 2, 1–6.

Sukarno. (2014). Peningkatan Kualitas Perkuliahan Melalui Penerapan Model Blended Learning Dengan Aplikasi Learning Management System Pada Mahasiswa Program Sarjana Kependidikan Bagi Guru Dalam Jabatan. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 21(1), 61–70.

Sumartiningsih, S. (2015). Correlation Between Blended Learning Model With The Perspective Of Learning Effectiveness For Nursing Student, 4(6), 4–7.

Wasis D. Dwiyogo. (2014). Analisi Kebutuhan Pengembangan Model Rancangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning ( PBBL ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pemecahan Masalah. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN, 21(1), 71–78.

Downloads

Published

2021-07-01

How to Cite

Ni’amah, N. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Peraga Patalsula untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2). https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i2.237

Issue

Section

Articles