PENERAPAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Moses Ahmad

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i4.24

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran Direct Instruction siswa kelas XII 4 SMA Negeri 8 Palembang.Metode penelitian ini adalah  Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  atau classroom action research, karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas.Model pembelajaran Direct Instructiondapat  meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari hasil PTK yaitu pra siklus, siklus  I dan II yaitu masing-masing 39,47%, 71,05% dan 97,37%Pada siklus II ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal telah tercapai dan mengalami peningkatan yang sangat baik.Berdasarkan analisis data, diperoleh aktivitas peserta didik yang paling dominan adalah membaca buku dan menulis yang relevan dengan KBM dan diskusi antar peserta didik atau antara peserta didik dengan guru.Jadi dapat dikatakan bahwa aktivitas peserta didik bisa dikategorikan aktif.

Downloads

Published

2018-12-30

How to Cite

Ahmad, M. (2018). PENERAPAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(4), 353–364. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i4.24

Issue

Section

Articles