Standarisasi dan Konsep Sarana Prasarana Pendidikan

Authors

  • Aulia Diana Devi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i2.242

Keywords:

sarana dan prasarana, standarisasi, konsep

Abstract

Sarana dan prasarana pendidikan adalah semua perangkat atau fasilitas atau perlengkapan dasar yang secara langsung dan tidak langsung dipergunakan untuk menunjang proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis standarisasi dan konsep sarana dan prasarana pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research dengan menggunakan pendekatan filosofis.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi yaitu mengumpulan bahan data berupa sumber dari buku-buku, artikel-artikel dan lainnya yang berkaitan dengan objek kajian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana dan prasarana pendidikan merupakan perangkat atau fasilitas perlengkapan dasar yang secara langsung dan tidak langsung dipergunakan untuk menunjang proses dan demi tercapainya tujuan pendidikan khususnya dalam proses belajar mengajar, seperti gedung, ruang, meja kursi, alat-alat media pengajaran, ruang teori, ruang perpustakaan, ruang praktek keterampilan, serta ruang laboratorium dan sebagainya. Dalam proses belajar mengajar, suatu lembaga pendidikan harus mempunyai sarana dan prasarana pendidikan. Suatu proses belajar mengajar tidak akan mencapai tujuan yang maksimal apabila tidak dapat memenuhi standarisasi sarana dan prasana pendidikan. Dengan tersedianya sarana dan prasarana pendidikan secara langsung dan tidak langsung, diharapkan agar peserta didik, dan tenaga kependidikan dapat memanfaatkan segala sarana dan prasarana pendidikan yang ada dengan seoptimal mungkin dan bertanggung jawab penuh terhadap keselamatan pemakaian sarana dan prasarana pendidikan yang ada.

References

Ary H. Gunawan. (1996). Administrasi Sekolah (Administrasi Pendidikan Mikro). PT Rineka Cipta.

Aulia Diana Devi. (2021). Analisis Mutu dan Kualitas Input-Proses-Output Pendidikan di MAN 1 Tulang Bawang Barat |. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1). http://staitbiasjogja.ac.id/jurnal/index.php/alfahim/article/view/115

Barnawi dan M. Arifin,. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Ar-Ruzz Media.

Bhakti, C. P. (2018). Ketersediaan Sarana dan Prasarana Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah di Kabupaten Gunungkidul. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik, 2(2), 100–104. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p100-104

Darmastuti, H. (2014). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA DI SMK NEGERI 2 SURABAYA. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3), Article 3. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/6606

E. Mulyasa. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasinya. PT Remaja Rosda Karya.

Ellong, T. A. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(1), Article 1. https://doi.org/10.30984/jii.v11i1.574

Fadhilah, N. I. (2014). Peranan Sarana dan Prasarana Pendidikan Guna Menunjang Hasil Belajar Siswa di SD Islam Al Syukro Universal. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/24635

Fauzan, A. (2018). Manajemen Sarana dan Prasarana Pondok Pesantren Shuffah Hisbullah Natar Lampung Selatan. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 3(1), 249–276. https://doi.org/10.25217/ji.v3i1.240

Ibrahim Bafadal,. (2014). Manajemen Perlengkapan Sekolah teori dan aplikasinya. Bumi Aksara.

Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN SEBAGAI FAKTOR DETERMINAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(1), 63–70. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9457

Joko Subagyo. (1991). Metode Penelitian dan Praktek. Rhineka Cipta.

Kementrian Agama RI. (2010). Al-Qur’an Dan Terjemahnya. CV Penerbit Diponegoro.

Kurniawati, P. I., & Sayuti, S. A. (2013). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DI SMK N 1 KASIHAN BANTUL. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2331

Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep Strategi Dan implementasi. PT Remaja Rosda Karya.

Nasrudin, N., & Maryadi, M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. Manajemen Pendidikan, 13(2), 15–23. https://doi.org/10.23917/jmp.v13i2.6363

Panditung, A. R. (2020). Implementasi Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh Era Pandemi Covid-19 di Tingkat SMA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(4), 231–240. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i4.198

Simatupang, A. C., & Sitompul, A. F. (2018). ANALISIS SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM BIOLOGI DAN PELAKSANAAN KEGIATAN PRAKTIKUM BIOLOGI DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS XI. Jurnal Pelita Pendidikan, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.24114/jpp.v6i2.10148

Sinta, I. M. (2019). MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/isema.v4i1.5645

Sinta Kartika, Husni Husni, & Saepul Millah. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam | Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1). https://riset-iaid.net/index.php/jppi/article/view/360

Sri Herawati, Yasir Arafat, & Yenni Puspita. (t.t.). Manajemen Pemanfaatan Sarana Dan Prasarana Pembelajaran | Attractive: Innovative Education Journal. Attractive: Innovative Education Journal, 2(3). Diambil 19 Juni 2021, dari http://www.attractivejournal.com/index.php/aj/article/view/68

Standar Nasional Pendidikan (SNP) Perpem Nomer 19 Tahun 2005. (2005). Fokusmedia.

Susanti, L. D. (2021). Penerapan Metode Drill and Practice untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 10–16. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i1.225

Tanjung, N. (2017). Tafsir Ayat- Ayat Alquran Tentang Manajemen Sarana Prasarana. Jurnal Sabilarrasyad, 2(1).

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendikan Nasional Jakarata: Sinar Grafika, 2011. (2011). Sinar Grafika.

Undang-undang Sisdiknas, Sistem Pendidikan Nasional No 19 tahun 2005. (2012). Fokus Indo Mandiri.

Utami Munandar. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. PT Rineka Cipta.

Wijaya, F. (2017). KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA NEGERI KABUPATEN SUMENEP. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 5(2), Article 2. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/21247

Yudi, A. A. (2012). PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN DITINJAU DARI SEGI SARANA DAN PRASARANA (SARANA DAN PRASARANA PPLP). Cerdas Sifa Pendidikan, 1(1), Article 1. https://online-journal.unja.ac.id/csp/article/view/702

Downloads

Published

2021-07-01

How to Cite

Devi, A. D. (2021). Standarisasi dan Konsep Sarana Prasarana Pendidikan. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2). https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i2.242

Issue

Section

Articles