Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi

Authors

  • Haifa Amalia Sholiha Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.246

Keywords:

keterampilan menulis, menulis puisi, discovery learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana penerapan metode discovery learning keterampilan menulis puisi peserta didik. Pembelajaran adalah salah satu cara pendidikan dalam upayanya untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri peserta didik. Potensi tersebut ditingkatkan menjadi kepandaian yang berkompeten, baik dari bidang sikap, pengetahuan, maupun keterampilan. Metode discovery learning merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menulis. Menulis puisi adalah salah satu kreativitas di bidang sastra yang mencerminkan hasil pengalaman, pengetahuan, dan perasaan penyairnya yang dibentuk menjadi sebuah puisi. Pembelajaran tentang menulis puisi terdapat pada materi siswa kelas X Kurikulum 2013 pada Kompetensi Dasar 4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya.

Downloads

Published

2021-10-05

How to Cite

Sholiha, H. A. (2021). Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.246

Issue

Section

Articles