Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa pada Materi Pengaruh Kalor

Authors

  • Sri Untari SDN 1 Wonoharjo Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.250

Keywords:

snowball throwing, kompetensi siswa, pengaruh kalor

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada siswa kelas V SD Negeri 1 Wonoharjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II komponen perangkat terdiri dari perencanaan, tindakan pengamatan (observasi), dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Wonoharjo yang berjumlah 5 orang. Sedangkan obyek penelitian adalah keseluruhan proses pada penerapan model Snowball Throwing di SD 1 Wonoharjo. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes akhir siklus dan dokumentasi. Untuk analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan penerapan model pembelajaran Snawball Throwing dapat meningkatkan proses pembelajaran pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda terkait masalah kehidupan sehari – hari pada siswa kelas V semester II SDN 1 Wonoharjo tahun pelajaran 2019/2020 sebesar 40% untuk antusias, 20% untuk keaktifan, dan peran serta sebesar 40%, ada peningkatan kompetensi pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda sebesar 40%, dan peningkatan perilaku/sikap sosial siswa sebesar 20% untuk disiplin siswa, 45% untuk sikap tanggung jawab, dan sikap percaya diri sebesar 25%.

Downloads

Published

2021-10-05

How to Cite

Untari, S. (2021). Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa pada Materi Pengaruh Kalor. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.250

Issue

Section

Articles