Dampak Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 terhadap Psikologis Mahasiswa Keperawatan

Authors

  • Jassica Friscillia Naibaho Universitas Advent indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.252

Keywords:

pembelajaran daring, psikologis mahasiswa, pandemi covid-19

Abstract

Pembelajaran daring yang dilaksanakan selama masa pandemi pada semua tingkat pendidikan banyak menyebabkan adanya dampak psikologis yang terjadi  termasuk pada golongan mahasiswa. Artikel ini membahas tentang dampak psikologis yang terjadi pada mahasiswa keperawatan Universitas Advent Indonesia dalam mengikuti pembelajar daring dimasa pandemi covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak psikologis apa yang terjadi terhadap mahasiswa yang mengikuti pembelajaran daring, agar pembelajaran daring ini tetap efektif dan tujuan pembelajarannya tersampaikan. Kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan metode koesioner DASS-21 dan dibagikan kepada responden dalam bentuk google form. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan Universitas Advent Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Dalam masa pembelajaran daring ini terdapat adanya dampak psikologis yang terjadi ialah perubahan stress yaitu kecemasan yang terjadi dengan nilai 9,80% yang berarti berada pada tingkat kecemasan ringan.

Downloads

Published

2021-10-05

How to Cite

Naibaho, J. F. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 terhadap Psikologis Mahasiswa Keperawatan. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.252

Issue

Section

Articles