Desain Pengembangan Inovasi Pendidikan dalam Peningkatan Daya Saing Sekolah melalui Lima Prinsip Teknologi Pendidikan

Authors

  • ANIK TWIN TWININGSIH SD NEGERI LAWEYAN NO.54 KOTA SURAKARTA

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i4.261

Keywords:

Desain Pengembangan Inovasi Pendidikan, Peningkatan Daya Saing Sekolah, Lima Prinsip Teknologi Pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji secara studi literatur desain pengembangan inovasi pendidikan dalam meningkatkan daya saing sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif diskriptif dengan pendekatan studi literatur. Teknik analisis data yang digunakan adalah melalui metode survei, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang didapat adalah hasil kajian dan analisis desain pengembangan inovasi pendidikan berdasarkan lima prinsip dan langkah teknologi pendidikan dalam konsep pendidikan yang diambil dari berbagai sudut pandang hasil penelitian para peneliti sebelumnya terkait desain pengembangan inovasi pendidikan berdasarkan lima prinsip dan langkah teknologi pendidikan. Kesimpulannya melalui desain lima prinsip dan langkah teknologi pendidikan dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan inovasi pendidikan dalam peningkatkan daya saing sekolah.

References

Ahmad, A. (2021). Pengendalian Mutu Pendidikan : Konsep Dan Aplikasi, 1, 43–50.
Fakhrurrazi. (2021). Konsep Berpikir Sistemik Dalam Penyusunan Rencana Strategis. Islamic, Jurnal Manajemen, Education, 6(1), 13–24.
Keluarga, P., & Dan, S. (n.d.). Peranan keluarga, sekolah dan masyarakat dalam menunjang pembelajaran yang efektif.
L, L. A. Y. L., Mahsunah, N., & Pendahuluan, A. (2017). Konsepsi Teknologi Pendidikan, 2013, 1–21.
Mirfani, A. M., Sekolah, M. B., Kapasitas, P., & Perubahan, K. (2016). Manajemen perubahan pada satuan pendidikan dasar, (1), 62–80.
Nisrokha. (2020). DIFUSI INOVASI DALAM TEKNOLOGI PENDIDIKAN Nisrokha. Jurnal Madaniyah, 10, 173–184.
Nurfajriah, S. (2021). PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR, 137–144.
Pemerintah, P. (2021). 60 ayat (4), (102501).
Susanti, R. (2013). Teknologi Pendidikan Dan Peranannya Dalam Transformasi Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 15–23. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v2i2.448

Downloads

Published

2022-02-18

How to Cite

TWININGSIH, A. T. (2022). Desain Pengembangan Inovasi Pendidikan dalam Peningkatan Daya Saing Sekolah melalui Lima Prinsip Teknologi Pendidikan. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(4). https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i4.261

Issue

Section

Articles