Papercraft untuk Meningkatkan Pemahaman Descriptive Text pada Peserta Didik Kelas X SMALB/B

Authors

  • Endah Dwi Hastuti SLB Negeri Boyolali

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i4.269

Keywords:

Tunarungu, SMALB, descriptive text, dan papercraft

Abstract

Rumusan Masalah penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pemahaman descriptive text dengan papercraft. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri 2 kali pertemuan. Subyek penelitian pemahaman descriptive text peserta didik kelas X SMALB/B Hamong Putro Jombor Sukoharjo semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Terjadi peningkatan pengetahuan rata-rata nilai dari 73,86 pada siklus 1 menjadi 88,54 pada siklus 2, dan peningkatan keterampilan rata-rata nilai dari 77,77 pada siklus 1 menjadi 86,1 pada siklus 2.

References

Al Hasby,Sabiq.2016.Analisis dan Perancangan Media Interaktif Berbasis Flash untuk Memodifikasi Desain Produk Papercraft pada Voala Huit Gift.Naskah Publikasi.Yogyakarta:Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta.

Arikunto,S. Suhardjono, Supardi, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Grafindo.

Efendi,Muhammad. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.

Finoza,Lamuddin.2005.Komposisi Bahasa untuk Mahapeserta didik Jurusan Nonbahasa. Jakarta:Diksi Insan Mulia.

Gerot,Linda dan Peter Wignell.1995.Making Sense of Functional Grammar.Australia:Gerd Stabler Antipodean Educational Enterprise.

Hallahan.D & Kauffman, M.J.(1991).Exceptional Children,Introduction to special Education (Fifth Edition). New Jersey : Prentice Hall International Inc.

Nurudin.2010.Dasar-Dasar Penulisan.Malang:UMM Press.

Subyantoro. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: UNNES

Downloads

Published

2022-02-18

How to Cite

Dwi Hastuti, E. (2022). Papercraft untuk Meningkatkan Pemahaman Descriptive Text pada Peserta Didik Kelas X SMALB/B. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(4). https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i4.269

Issue

Section

Articles