Peningkatan Technological Content Knowledge (TCK) melalui Lesson Study di Sekolah Dasar

Authors

  • khosyiatun SD Negeri Sukoharjo 01

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i1.281

Keywords:

Teknological Content Knowledge (TCK), Lesson study, media berbasis teknologi

Abstract

Pada penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Teknological Content Knowledge (TCK) melalui lesson study di SD Negeri Sukoharjo 4. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sukoharjo 4 Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo. Subjek penelitian ini adalah guru-guru di SD Negeri Sukoharjo 4 sebanyak 4 guru kelas 1, 3, 5 dan 6. Metode yang diterapkan adalah lesson study model Lewis (2002). Pelaksanaanya dilakukan dalam 3 kegiatan, yaitu: 1) Perencanaan (plan); 2) Pelaksanaan dan Observasi (do); 3) Refleksi (see). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisa secara deskriptif kuantitatif – kualitatif,data kuantitatif berupa penskoran pada lembar observasi Teknological Content Knowledge (TCK)  yang diambil pada tahap plan, do dan see setiap siklus. Data kualitatif didapatkan dari hasil pengamatan keterampilan guru dalam pembelajaran tematik terpadu dengan lesson studi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan adanya peningkatan Teknologikal Content Knowledge (TCK) melalui lesson study di Sekolah Dasar Negeri Sukoharjo 4. Hal ini dapat ditunjukkan pada indikator penggunaan media powerpoint untuk menyampaikan materi terjadi peningkatan siklus 1, siklus 2, siklus 3 sebesar 71.9%; 81,3%; 93,3%. Pada indikator Pemanfaatan platform media online untuk meningkatkan 4C peserta didik terjadi peningkatan siklus 1, siklus 2, siklus 3 sebesar 50%; 68,8%; 90,6%. Sedangkan Pada indikator pemanfaatan media video yang relevan terjadi peningkatan siklus 1, siklus 2, siklus 3 sebesar 71,9%; 83,3%; 87,5%.

References

Abizar, H. (2017). Buku Master Lesson Study. DIVA Press.

Adipat, S. (2021). Developing Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) through Technology-Enhanced Content and Language-Integrated Learning (T-CLIL) Instruction. Education and Information Technologies, 26(5), 6461–6477. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10648-3

Aziz, A., Ahyan, S., & Fauzi, L. M. (2016). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa melalui Lesson Study. Jurnal Elemen, 2(1), 83. https://doi.org/10.29408/jel.v2i1.179

Çam, Ş. S., & Erdamar Koç, G. (2021). A needs analysis study on technological pedagogical content knowledge of faculty members. Education and Information Technologies, 26(5), 5337–5363. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10540-0

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Gava Media.

Diarini, I. G. A. A. S., Ginting, M. F. B., & Suryanto, I. W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Melalui Pembelajaran Daring Untuk Mengetahui Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 253–265.

Eliyawati, C. (2005). Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Depdiknas.

Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). EFEKTIFITAS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING (FULL ONLINE) DIMASA PANDEMI COVID- 19 PADA JENJANG SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN SUBANG. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9.

Kasmad, M. (2009). LESSON STUDY SEBAGAI ALTERNATIF PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Metodik Didaktik, 3(2), 1–9.

Khotimah, H., Astuti, E. Y., & Apriani, D. (2019). Pendidikan Berbasis Teknologi: Permasalahan dan Tantangan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 357–368.

Kim, S., Jang, Y., Choi, S., Kim, W., Jung, H., Kim, S., & Kim, H. (2021). Analyzing Teacher Competency with TPACK for K-12 AI Education. KI - Kunstliche Intelligenz, 35(2), 139–151. https://doi.org/10.1007/s13218-021-00731-9

Listiawan, T., Purwanto, P., As’Ari, A. R., & Muksar, M. (2018). Mathematics Teachers Technological Content Knowledge (TCK) in using Dynamic Geometry Software. Journal of Physics: Conference Series, 1114(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012121

Maknun, L. (2021). Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring bagi Peserta Didik MI / SD pada Masa Pandemi Covid-19. 3(1), 10–17.

Sahal, M. I. N. (2018). LESSON STUDY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SD GLOBAL SURYA BANDAR LAMPUNG. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

Salmia & A. Muhammad Yusri. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21 di Masa Pandemik Covid-19. Indonesian Journal of Primary Education, 5(1), 82–92.

Setyaningrum, A. A. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Menggunakan Media Sosial Grup Whatsap dan Youtube. 7(2), 520–526. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1121

Sriyati. (2005). Reformasi sekolah melalui Lesson Study. Jurnal Ilmiah UPI Bandung, 229, 1–8.

Widyastuti, A. (2021). Optimalisasi Pembalajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, Bdr. PT Elex Media Komputindo.

Zahroh, A. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Yrama Widya.

Downloads

Published

2022-04-08

How to Cite

khosyiatun. (2022). Peningkatan Technological Content Knowledge (TCK) melalui Lesson Study di Sekolah Dasar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1). https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i1.281

Issue

Section

Articles