Penerapan Teori Kognitif Sosial Walter Mischel dalam Pembelajaran PPKN

Authors

  • Meisya Tiara Universitas Syiah Kuala

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i2.284

Keywords:

Teori Kognitif Sosial, Behavioristik, Pembelajaran PPKn

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui wujud pendekatan teori kognitif sosial dari Walter Mischel yang dapat diterapkan dalam pembelajaran PPKn di Sekolah. Berdasarkan beberapa penelitian sebelumnya pendekatan kognitif yang banyak diterapkan pada pembelajaran di kelas adalah pendekatan kognitif dari Jean Piaget. Metode yang dipakai pada riset ini merupakan riset kualitatif dengan pendekatan library research. Berdasarkan hasil analisis studi pustaka, pendekatan teori kognitif sosial yang dapat diterapkan pada pembelajaran PPKN adalah melalui pembelajaran behavioristik yang berfokus pada perubahan perilaku, yaitu perilaku yang terlihat dan penyebab yang mendorong perilaku perubahan tersebut. Pendekatan kognitif sosial Walter Mischel yang dapat diterapkan pada pembelajaran PPKN adalah pada penerapan proses pengajaran dan evaluasi. Selain itu penerapan teori belajar kognitif sosial dengan pembelajaran behavioristik ini sangat cocok untuk diterapkan pada pembelajaran PPKn yang lebih banyak terbentuk melalui pendidikan karakter dan moral yang berlandaskan pada nilai-nilai pancasila.

Kata Kunci: Teori Kognitif Sosial, Behavioristik, Pembelajaran PPKn

Abstrak

The purpose of this study was to determine the form of Walter Mischel's approach to social cognitive theory that can be applied in Civics learning in schools. Based on several previous studies, the cognitive approach that is widely applied to classroom learning is the cognitive approach of Jean Piaget. The method used in this research is a qualitative research with a library research approach. Based on the results of the literature study analysis, the social cognitive theory approach that can be applied to Civics learning is through behavioristic learning that focuses on behavior change, namely visible behavior and the causes that stimulate these behavior changes. Walter Mischel's social cognitive approach that can be applied to Civics learning is the application of the teaching and evaluation process. In addition, the application of social cognitive learning theory with behavioristic learning is very suitable to be applied to Civics learning which prioritizes personality formation through character and moral education based on Pancasila values.

References

Andini, S. R., Putri, V. M., Devi, M. Y., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran PKn dan IPS yang Inovatif dan Kreatif dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5671–5681. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1760

Hatta, M. (2018). Empat Komptensi Untuk Membangun Profesionalisme Guru.

Marhayati, N., Chandra, P., & Fransisca, M. (2020). Pendekatan Kognitif Sosial pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. DAYAH: Journal of Islamic Education, 3(2), 250. https://doi.org/10.22373/jie.v3i2.7121

Masruroh, L. (2019). PERBEDAAN KEMATANGAN MORAL PADA SISWA MA DAN SMA ( Studi Komparatif antara Sekolah Berbasis Agama dan Sekolah Berbasis Umum ). 5(1), 133–148. https://doi.org/10.5281/zenodo.3551299

Mischel, Walter, Yuichi Soda, Ozlem Ayduk. 1993. Introduction to Personality. Texas: Harcourt Brace Janovich College Publishers

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Rosyidi, H. (2015). Psikologi Kepribadian (Paradigma traits, Kognitif, Behavioristik dan Humanistik). In Jaudar Press: Vol. (Issue 9).

Zahn, F., Schäffer, A., & Fröning, H. (2018). Evaluating energy-saving strategies on torus, k-Ary n-Tree, and dragonfly. Proceedings - 2018 IEEE 4th International Workshop on High-Performance Interconnection Networks in the Exascale and Big-Data Era, HiPINEB 2018, 2018-January, 16–23. https://doi.org/10.1109/HiPINEB.2018.00011

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Tiara, M. (2022). Penerapan Teori Kognitif Sosial Walter Mischel dalam Pembelajaran PPKN. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2). https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i2.284

Issue

Section

Articles