Pengelolaan PAUD Berkualiatas melalui Konsep Sekolah Ramah Anak

Authors

  • Margiyanto Dinas Pendidikan Dan Kebudayan Kabupaten Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i3.291

Keywords:

Pengelolaan pendidikan anak usia dini, sekolah ramah anak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memberikan deskripsi pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini yang berkualitas melalui konsep sekolah ramah anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi literatur. Hasil penelitian yang dihasilkan adalah konsep pengelolaan pendidikan anak usia dini berbasis sekolah ramah anak. Tahap – tahap pengelolaan pendidikan anak usia dini  melalui konsep sekolah ramah anak  yaitu perencanaan, implementasi pengembangan dan evaluasi kegiatan. Tahap perencanaan adalah tahap dimana merumuskan konsep pendidikan anak usia dini melalui sekolah ramah anak. Tahap implementasi pengembangan adalah indikator yang harus dipenuhi dalam mengimplementasikan program pendidikan anak usia dini berkualitas berbasis sekolah ramah anak. Tahap evaluasi adalah tahap memberikan review terhadap pelaksanaan program.

References

Anak, P., & Dini, U. (2011). PENGEMBANGAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI TINGKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Tusriyanto Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro. 1(1).

Dewi, K. S., & Ginanjar, A. S. (2019). Peranan Faktor-Faktor Interaksional Dalam Perspektif Teori Sistem Keluarga Terhadap Kesejahteraan Keluarga. Jurnal Psikologi, 18(2), 245. https://doi.org/10.14710/jp.18.2.245-263

Farida, S. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud. Wacana Didaktika, 5(02), 189. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.v5i02.63

Gustiana, A. D. (2019). Kesiapan Menuju PAUD Ramah Anak. Edutech, 18(1), 58.

Muka, J. R., Rw, R. T., & Gadung, P. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Jakarta. 33(2), 79–84.

Ndeot, F. (2019). Pentingnya Pengembangan Kurikulum di PAUD. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 30–36.

Nomar, C. P., & Juni, T. X. (1994). MENGEFEKTIFKAN PERAN KELUARGA DALAM MENDlDlK ANAK. 2(2), 59–72. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9119

Peran, P., Dalam, K., Miftahul, S., & Nglawak, U. (n.d.). PENDIDIKAN ANAK. 2.

Prahestiwi, E. R. (2020). Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Alam Jomin Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Indonesian Journal Of Adult and Community Education, 2(1), 43–49.

Puspitawati, H. (2013). Konsep dan Teori Keluarga. Gender Dan Keluarga, 4(Zeitlin 1995), 1–16. https://doi.org/10.1249/01.mss.0000074580.79648.9d

Qodir, A. (2017). Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 04(02), 193–194. www.ejournal.unuja.ac.id

Rozalena, R., & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Paud Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(1), 76–86. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155

Solihat, I., & Riansi, E. S. (2018). Literasi Cerita Anak Dalam Keluarga Berperan Sebagai Pembelajaran Pembentuk Karakter Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 258. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3869

Sumantri, B. A., Ahmad, N., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2019). TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. 3(September), 1–18.

Suyatni, Suib, M., & Syukri, M. (2015). Pengelolaan Program Pendidikan Anak Usia Dini pada Kelompok Bermain. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Katulistiwa, 4(8), 14.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Margiyanto. (2022). Pengelolaan PAUD Berkualiatas melalui Konsep Sekolah Ramah Anak. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 115–121. https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i3.291

Issue

Section

Articles