Analisis Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen bagi Anak Masa Pra-Remaja (Usia 12-15 Tahun) Terhadap Perkembangan Fisik dan Mental

Authors

  • Anwar Three Millenium Waruwu Orianto Hura
  • Orianto Hura

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i3.295

Keywords:

Pra Remaja, Metode Mengajar, Pendidikan Agama Kristen

Abstract

Masa pra remaja adalah masa yang dikenal dengan usia belasan tahun dan biasanya juga disebut sebagai masa awal terjadinya pubertas. Banyak masalah-masalah yang terjadi pada usia ini baik dalam perkembangan fisik dan mental, salah satunya adalah dalam usia ini anak suka memberontak, susah diatur, tidak percaya diri, merasa malu dengan penampilan, cepat bosan dan lain sebagainya. Tentu hal ini menjadi sebuah kendala bagi pengajar khususnya guru pendidikan agama Kristen dalam mengajar peserta didik dalam usia ini. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis metode mengajar yang diterapkan oleh guru pendidikan agama Kristen. Dalam menerapkan metode mengajar yang baik dan benar, seorang guru pendidikan agama Kristen harus memiliki sikap profesionalisme dalam mengajar. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan tujuan memberikan gambaran dan jawaban jawaban dari permasalahan yang ada.

 

Kata kunci: Pra remaja, metode mengajar, perkembangan fisik dan mental.

References

Dabson, James. Menjelang Masa Remaja. Jakarta: BPK Gunung Mulia, n.d.

Fitria, Agus. “Menghadapi Masa Pra Remaja Pada Anak – RSUP Dr. Sardjito,” n.d. Accessed August 8, 2022. https://sardjito.co.id/2019/06/05/menghadapi-masa-pra-remaja-pada-anak/.

Gunarsa, Singgih D. Psikologi praktis: anak, remaja dan keluarga. BPK Gunung Mulia, 1991.

Hurlock, Elizabeth B. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga, 1980.

Marcus, Marton Deutsch, Peter T. Coleman, Eric C. Handbook Resolusi Konflik: Teori dan Praktek. Nusamedia, 2016.

Mariyati, Lely Ika, and Vanda Rezania. Buku Ajar Psikologi Perkembangan Manusia 1. UMSIDA Press, 2021.

M.Pd.I, Safrudin Aziz. Pendidikan Seks Perspektif Terapi Sufistik Bagi LGBT. Penerbit Ernest, n.d.

Panggabean, Justice Z. Z. “Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Kristen Pada Sikap Mengimplementasikan Kurikulum.” Jurnal Christian Humaniora 2, no. 2 (2018): 99–113.

Qurtubi, Ahmad. Perbandingan Pendidikan. Jakad Media Publishing, n.d.

Riady, Erliana. “Dibully Hingga 6 Kali Pingsan, Siswa SMPN di Blitar Tak Mau Sekolah.” detiknews. Accessed August 31, 2022. https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-4770567/dibully-hingga-6-kali-pingsan-siswa-smpn-di-blitar-tak-mau-sekolah.

Rohmah, Noer. Psikologi Agama. Jakad Media Publishing, n.d.

Sumarmi, Ni Putu. Psikologi Perkembangan Anak. CV. Lumina Media, 2022.

Sunaryo. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC, 2004.

Windayani, Ni Luh Ika, Ana Widyastuti, Emmi Silvia Herlina, Dina Chamidah, Rini Novianti Yusuf, Ince Weya, Dede Ajeng Arini, Agung Prihatmojo, and Karwanto Karwanto. Pengantar Teori Perkembangan Peserta Didik. Yayasan Kita Menulis, 2021.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Waruwu, A. T. M., & Hura, O. (2022). Analisis Metode Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen bagi Anak Masa Pra-Remaja (Usia 12-15 Tahun) Terhadap Perkembangan Fisik dan Mental. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 145–153. https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i3.295

Issue

Section

Articles