Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Industri 4.0

Authors

  • Elfina Saely uin sunan kalijaga
  • Shaleh Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i1.315

Keywords:

Pendidikan, SDM, Pengembangan

Abstract

Kualitas sumber daya manusia merupakan bagian paling penting dari setiap inti pengembangan, karena hanya sumber daya manusia yang berkualitas yang dapat mempercepat pembangunan nasional. Jumlah penduduk yang besar hanya akan menjadi beban pengembangan jika kualitasnya tidak memadai. Sumber daya manusia diharapkan mampun beradaptasi dengan paradigma revolusin industri. Pada era selanjutnya terdapat prioritas yang lebih tinggi akan diberikan pada pemberdayaan sumber daya manusia dengan kemampuan berpikir tingkat lanjut untuk beradaptasi dengan tantangan masa depan Penelitian ini menggunakan metoden penelitia  deskriptif kualitatif. Serta literatur pendukung yang mungkin relevan dengan penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian deskriptif merupakan gambaran yang jelas tentang apa yang diteliti. Penelitian dengan metode penelitian kualitatif peneliti menggunakan wawancara mendalam dan penelusuran literatur sebagai alat bantu pengumpulan data. Data yang diperoleh selama investigasi dapat dibagi menjadi data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah Peningkatan mutu sumber daya manusia salah satunya tenaga pendidik merupakan perwujudan capacity building yang ditujukan untuk penguatan tenaga dosen melalui pengembangan keterampilan (kinerja) dan tanggung jawab yang berbeda, serta suasana yang sinergis dengan pemerintahh(kotamadya) dan guru. Upaya optimalisasi kinerja guru secara berkelanjutan merupakan factor kunci peningkatan mutu pendidikan dibandingkan faktor lainnya.

References

Alwy, M. A. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia di Era Digital Melalui Lensa Manajer Sumber Daya Manusia Generasi Berikutnya. Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(10), 2265–2276.

Azhari, M. T., Al Fajri Bahri, M. P., Asrul, M. S., & Rafida, T. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Fatahillah, M. A., & Padang, A. T. (2021). Analisis Tentang Hukum Ketenagakerjaan di Indonesia. Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah, 2(2), 402–413.

Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Foundasia, 11(2), 52–59.

Hidayat, R. (2020). Implementasi Servqual Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pada Manajemen Pemasaran Pendidikan. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 2(1), 41–62.

Kasmiati. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru di MIS Salamah Kec . Alam Barajo Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12915–12923.

Ma’rifah, I. (2020). Peran sastra dalam membangun karakter bangsa (Perspektif Pendidikan Islam). Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 04(2), 172–188.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Nugraha, D., & Octavianah, D. (2020). Diskursus Literasi Abad 21 Di Indonesia. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama), 7(1), 107–126.

Pratiwi, S. N. (2020). Manajemen Strategi Sumber Daya Manusia. Jurnal EduTech, 6(1), 109–114.

Putra, Y. D., & Sobandi, A. (2019). Pengembangan sumber daya manusia sebagai faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja ( The development of human resources as a factor affecting work productivity ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 127–133. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14963

Setiawati, Y., Ulfa, M., & Ariyanto, A. (2022). Pengelolaan Pendanaan Pendidikan. Journal Yudha English Gallery, 82–94.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29–39.

Sunarto, A. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia dengan Berbasis Inovasi untuk. JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(2), 397–407.

Suwandi, S. (2019). Mereduksi Benturan Kecerdasan Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.01. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(p).

Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4 . 0 Menuju Era Society 5 . 0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12380–12394.

Yuliyati, E. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Berbasis Total Quality Management Di Smk Muhammadiyah Prambanan. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 04(01), 24–35.

Zubaidah, S. (2019). STEAM ( Science , Technology , Engineering , Arts , and Mathematics ): STEAM ( Science , Technology , Engineering , Arts , and Mathematics ): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. In Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 1–8.

Downloads

Published

2023-04-08

How to Cite

Saely, E., & Shaleh. (2023). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Industri 4.0. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1). https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i1.315

Issue

Section

Articles