Tantangan Guru ABK dalam Menemukan Passion Anak Berkebutuhan Khusus di Lingkungan Sekolah

Authors

  • Wahyu Dwiratnawati -
  • Zainal Arifin

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i3.349

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Passion, Tantangan Guru

Abstract

Anak berkebutuhan khusus adalah anak istimewa yang dititipkan Allah SWT kepada orang tua yang hebat. Peran orang tua disini sangat dominan dalam keberhasilan seorang anak berkebutuhan khusus, dengan melakukan pembiasaan-pembiasaan baik selama di rumah. Selain pendidikan di rumah, mereka juga membutuhkan pendidikan secara formal di sekolah untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki. Mereka memerlukan pendidikan dan pelayanan khusus untuk mengembangkan potensi yang dipunya secara kemanusiaan. Disini guru memegang peranan penting selama anak tersebut berada di lingkungan sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tantangan yang dihadapi seorang guru untuk menjadikan seorang anak berkebutuhan khusus menemukan passion yang ada pada dirinya. Pendekatan yang dilakukan adalah kualitatif dengan jenis penelitian naratif inquiry. Teknik pengumpulan data menggunakan sistem observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan guru dalam menemukan passion seorang anak berkebutuhan khusus antara lain adalah. 1) Kurangnya rasa percaya diri, 2) Kurangnya sikap sabar, 3) Kesulitan dalam memahami minat anak, 4) Kesulitan dalam memberikan motivasi. Strategi guru dalam menemukan passion anak berkebutuhan khusus adalah 1) Apa yang disukai anak?  2) Apa yang membuat anak betah berlama- lama dalam suatu kegiatan? 3) Keterampilan apa yang cepat dikuasai? 4) Apa yang sering membuat anak bertanya? 5) Apa yang membuat anak duduk tenang tanpa diawasi?

References

Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951

Ayuning, A., Pitaloka, P., Fakhiratunnisa, S. A., & Ningrum, T. K. (2022). KONSEP DASAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. In MASALIQ : Jurnal Pendidikan dan Sains (Vol. 2, Issue 1). https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/masaliq

Efriska Natalia, S., & Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Untan, L. (n.d.). PERANAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MAZMUR 21 PONTIANAK SELATAN.

Kisti, M. O., & Dafit, F. (2023). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Autis. 4(2), 454–463. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.344

Mardini, S., Dasar, S., & Giwangan, N. (n.d.). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS REGULER MELALUI MODEL PULL OUT DI SD N GIWANGAN YOGYAKARTA INCREASING INTEREST IN LEARNING CHILDREN WITH SPECIAL NEEDS MODEL THROUGH REGULAR CLASS PULL OUT STATE ELEMENTARY SCHOOL OF GIWANGAN YOGYAKARTA.

Mellinia, T., & Pratiwi, S. (n.d.). Peran Guru Pendidikan Inklusi: Menghadapi Tantangan dan Menjawabnya.

Mufidah, Y., Hamdian Affandi, L., & Ermiana, I. (2021). IDENTIFIKASI TANTANGAN YANG DIHADAPI GURU DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 GEMEL DAN SEKOLAH DASAR NEGERI BATUTULIS. 1(1).

Mujiafiat, K. A., & Yoenanto, N. H. (2023). Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Pendidikan Inklusi. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(2), 1108–1116. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i2.4918

Penelitian, J., Pengabdian, D., Masyarakat, K., Hanifah1, S., Haer2, A. B., Widuri3, S., Santoso, B., Program, M., Sarjana, S., Sosial, K., Unpad, F., Csr, P. S., Sosial, K., & Masyarakat, P. (2021). TANTANGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DALAM MENJALANI PENDIDIKAN INKLUSI DI TINGKAT SEKOLAH DASAR (Vol. 2, Issue 3).

Pritama, D. (n.d.). STUDI TENTANG UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SD NEGERI 1 PENGASIH STUDY OF TEACHER’S EFFORTS IN BOOSTING STUDENTS CONFIDENCE IN SD NEGERI 1 PENGASIH.

Ramedlon, R., Sirajuddin, S., Zulkarnain, Z., & A.Suradi, A. S. (2023). Kebijakan Tentang Jumlah Siswa dan Keefektifan dalam Proses Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 6(1), 27–35. https://doi.org/10.31539/joeai.v6i1.5225

Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1

Setiabudhi No, J., & Bandung, K. (n.d.). EDUKIDS: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini. http://ejournal.upi.edu/index.php/edukid

Setiawan, H., Aji, S. M. W., & Aziz, A. (2020). 241 Tiga Tantangan Guru Masa Depan Sekolah Dasar Inklusif. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5. https://doi.org/10.28926/briliant

Shofiyyah, N. A., Nursobah, A., & Tarsono, T. (2020). PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI PADA PEMBELAJARAN PAI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR TUNAGRAHITA. Psychosophia: Journal of Psychology, Religion, and Humanity, 1(2), 120–135. https://doi.org/10.32923/psc.v1i2.1157

Siregar, H., & Pratiwi, N. (2021). Yogyakarta Hal 23-30 Korespondensi: Hotma Siregar, hotmasiregar@umsu.ac.id (Vol. 3). http://seminar.uad.ac.id/index.php/snk/

Sumbulatim Miatu Habbah, E., Nathalia Husna, E., Setiyadi, B., Jambi, U., Muara Bulian, K., & Batang Hari, K. (n.d.). STRATEGI GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA.

Tatminingsih, S. (n.d.). PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMBACA TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SD INKLUSIF KECAMATAN CIKEMBAR KABUPATEN SUKABUMI. In Journal Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha Jurusan Sejarah, Sosiologi dan Perpustakaan (Vol. 5).

Widodo, A., Sutisna, D., & Novitasari, S. (n.d.). IDENTIFIKASI BAKAT PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS (PDBK) DI MADRASAH INKLUSI KABUPATEN LOMBOK.

Zainal Arifin. (2020). Sosioligi Pendidikan (A. Mua’ammar, Ed.; Pertama, Vol. 145 x 205). Sahabat Pena Kita.

Downloads

Published

2024-03-01

How to Cite

Dwiratnawati, W., & Arifin, Z. . (2024). Tantangan Guru ABK dalam Menemukan Passion Anak Berkebutuhan Khusus di Lingkungan Sekolah. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(3), 139–145. https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i3.349

Issue

Section

Articles