Implementasi Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Mata Pelajaran Informatika

Authors

  • Dea Destrivo Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Tomi Adi Muhnandar Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Hamda Kharisma Putra Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i4.351

Keywords:

minat, wordwall, media pembelajaran

Abstract

Teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah mengakibatkan siswa jenuh dan bosan untuk belajar sehingga tidak dapat memberikan suasana belajar yang efektif. Maka dari itu untuk memberikan pembelajaran yang efektif, guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jaten. Pendekatan ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. metode observasi melibatkan pengamatan secara langsung kegiatan pembelajaran menggunakan media wordwall dikelas. sedangkan, metode wawancara peneliti akan mendapatkan data secara langsung dari siswa melalui serangkaian pertanyaan yang telah disiapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan sikap yang terjadi pada siswa setelah dilakukannya pembelajaran dengan menggunakan media wordwall. Dengan diterapkannya media wordwall mampu meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran karena diberikan kuis menarik sehingga menumbuhkan minat dan semangat siswa dalam mengerjakan soal-soal.

References

Agusti, A., Maulia, N., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794– 5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053

Anisa, W., Fadiyah, F., Fusilat, L. A., & Anggraini, I. T. (2020). PROSES PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara.

Firmadani, F. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 93–97.

Galuh Pradani, T. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–57.

Hidayaty, A., Qurbaniah, M., & Setiadi, A. E. (2022). The Influence of Wordwall on Students Interests and Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.51691

Lamasitudju, A., & Chairunnisa, C. (2022). Penerapan Qugamee (Quiz Dan Game Edukasi) Interaktif Pada Pembelajaran IPA-Fisika Menjadi Lebih Menyenangkan Dengan Menggunakan Wordwall. Jurnal Kreatif Online (JKO), 10.

Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 111–16. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11309

Matondang, A. (2018). PENGARUH ANTARA MINAT DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR’. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 24–32. http://www.siaksoft.net

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2854–60. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880

Purnamasari, P., Sulfi, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). ABDI LAKSANA JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BERMAIN BERSAMA PENGETAHUAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ONLINE WORD WALL. Www.Wordwall.Net.

Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknlologi Sesuai Dengan Karakteristik Gaya Belajar. 4.

Rosdiani, R., Listin, L., Munawar, B., Dewi, R., & Manshur, S. (2021). PELATIHAN MEMBUAT GAME EDUKASI WORDWALL UNTUK GURU DI KELURAHAN KARATON. JABB, 2(2). https://doi.org/10.46306/jabb.v2i2

Yuniar, I. S., Arrum, A., Putra, G. A., Purwati, N. E., Hayatunnufus, U., & Nafi, U. (2021). HITARI (Historical-Archaeology Heritage Riddle): Pemanfaatan Wordwall Sebagai Media Ajar Indonesia Zaman Prasejarah Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(11), 1182–90. https://doi.org/10.17977/um063v1i112021p1182-1190

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Destrivo, D., Muhnandar, T. A., & Putra, H. K. . (2023). Implementasi Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Mata Pelajaran Informatika . Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(4), 152–158. https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i4.351

Issue

Section

Articles