Implementasi Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Mata Pelajaran Informatika
DOI:
https://doi.org/10.32585/edudikara.v8i4.351Keywords:
minat, wordwall, media pembelajaranAbstract
Teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah mengakibatkan siswa jenuh dan bosan untuk belajar sehingga tidak dapat memberikan suasana belajar yang efektif. Maka dari itu untuk memberikan pembelajaran yang efektif, guru dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jaten. Pendekatan ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. metode observasi melibatkan pengamatan secara langsung kegiatan pembelajaran menggunakan media wordwall dikelas. sedangkan, metode wawancara peneliti akan mendapatkan data secara langsung dari siswa melalui serangkaian pertanyaan yang telah disiapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan sikap yang terjadi pada siswa setelah dilakukannya pembelajaran dengan menggunakan media wordwall. Dengan diterapkannya media wordwall mampu meningkatkan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran karena diberikan kuis menarik sehingga menumbuhkan minat dan semangat siswa dalam mengerjakan soal-soal.
References
Agusti, A., Maulia, N., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794– 5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053
Anisa, W., Fadiyah, F., Fusilat, L. A., & Anggraini, I. T. (2020). PROSES PEMBELAJARAN PADA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara.
Firmadani, F. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 93–97.
Galuh Pradani, T. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–57.
Hidayaty, A., Qurbaniah, M., & Setiadi, A. E. (2022). The Influence of Wordwall on Students Interests and Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.51691
Lamasitudju, A., & Chairunnisa, C. (2022). Penerapan Qugamee (Quiz Dan Game Edukasi) Interaktif Pada Pembelajaran IPA-Fisika Menjadi Lebih Menyenangkan Dengan Menggunakan Wordwall. Jurnal Kreatif Online (JKO), 10.
Lestari, R. D. (2021). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, 2(2), 111–16. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11309
Matondang, A. (2018). PENGARUH ANTARA MINAT DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR’. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 24–32. http://www.siaksoft.net
Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 2854–60. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880
Purnamasari, P., Sulfi, S., Rahmanita, F., Soffiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. (2022). ABDI LAKSANA JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BERMAIN BERSAMA PENGETAHUAN PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ONLINE WORD WALL. Www.Wordwall.Net.
Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknlologi Sesuai Dengan Karakteristik Gaya Belajar. 4.
Rosdiani, R., Listin, L., Munawar, B., Dewi, R., & Manshur, S. (2021). PELATIHAN MEMBUAT GAME EDUKASI WORDWALL UNTUK GURU DI KELURAHAN KARATON. JABB, 2(2). https://doi.org/10.46306/jabb.v2i2
Yuniar, I. S., Arrum, A., Putra, G. A., Purwati, N. E., Hayatunnufus, U., & Nafi, U. (2021). HITARI (Historical-Archaeology Heritage Riddle): Pemanfaatan Wordwall Sebagai Media Ajar Indonesia Zaman Prasejarah Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(11), 1182–90. https://doi.org/10.17977/um063v1i112021p1182-1190
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dea destrivo; Tomi Adi Muhnandar, Hamda Kharisma Putra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.