Implementasi Aplikasi “Pusaka” dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Authors

  • Zamzam Mustofa IAIN Ponorogo
  • Mustofa Aji Prayitno IAIN Ponorogo
  • Levi Nur Alfiah IAIN Ponorogo
  • Lailatun Irma Afifah IAIN Ponorogo
  • Kikit Dwi Monika Sari IAIN Ponorogo
  • Kurniawan Azis IAIN Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i1.353

Keywords:

Aplikasi Pusaka, Kedisiplinan, Presensi Digital, Tenaga Pendidik dan Kependidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep, tata cara pengelolaan, dan kendala pada aplikasi pusat layanan keagamaan (PUSAKA) dalam implementasinya di MAN 3 Madiun, serta untuk memahami standar kompetensi yang harus dimiliki oleh tenaga pendidik dan kependidikan agar tetap dapat mengikuti perkembangan zaman. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data diperoleh dari para tenaga pendidik dan kependidikan di MAN 3 Madiun, serta dari sumber-sumber yang telah dipublikasikan seperti artikel jurnal dan buku yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi PUSAKA, yang disediakan oleh Kementerian Agama, berisi berbagai fitur online terkait keagamaan, termasuk presensi yang dapat diakses oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) seperti tenaga pendidik dan kependidikan di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Implementasi aplikasi PUSAKA di MAN 3 Madiun mampu meningkatkan kedisiplinan tenaga pendidik dan kependidikan dengan merekam kehadiran dan ketidakhadiran secara akurat. Presensi menggunakan aplikasi PUSAKA menghasilkan data yang lebih akurat dibandingkan dengan presensi manual, karena tidak dapat diwakilkan oleh orang lain dan hanya dapat diakses di lingkungan sekolah. Namun, masih terdapat beberapa kendala internal dan eksternal yang perlu dievaluasi kembali. Dengan menerapkan presensi menggunakan aplikasi PUSAKA, diharapkan dapat meningkatkan kedisiplinan tenaga pendidik dan kependidikan di MAN 3 Madiun dan di sekolah-sekolah lainnya. Hal ini diharapkan dapat membantu sekolah dalam mencapai visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan.

References

Ahfas, Harun, C. Z., & Ibrahim, S. (2018). Peningkatan Kinerja Tenaga Kependidikan Melalui Implementasi Absensi Sidik Jari. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 6(4), 192–197.

Darpin, Taufik, & Muhammad Fikran. (2023). Analisis Penerapan Hybrid Working dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Koperasi & UMKM Provinsi Sulawesi Tenggara. Journal Publicuho, 5(4), 1415–1426. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i4.75

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Gat. (2016). Integrasi Fingerprint System dengan Real Time Absensi Dosen Berbasis WEB (Studi Kasus: STMIK Pontianak). Cogito Smart Journal, 2(2), 135–146.

Halizah, P. D., Mustofa, Z., & Mukminin, A. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual Sebagai Upaya Menarik Minat Belajar Siswa PAI dalam Pembelajaran Daring di SMPN 1 Lembeyan. JURNAL PAI: Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(1), 59–72.

Innayah, A., Mustofa, Z., & Mukminin, A. (2023). Upaya Peningkatan Keterampilan Siswa Melalui Program Kelas Keterampilan TKR (Tata Kecantikan Kulit dan Rambut) Dan TOKR (Teknik Otomotif dan Kendaraan Ringan) di MAN 2 Ngawi. Jurnal Tawadhu, 7(1), 24–32.

Ismail, V. Y., & Sekarsari, M. (2022). Produktivitas Remote Working: Adaptasi Karyawan Terhadap Technostress dan Work Life Balance. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(7), 1015–1025.

Kelrey, A. R., & Muzaki, A. (2019). Pengaruh Ethical Hacking Bagi Keamanan Data Perusahaan. CyberSecurity dan Forensik Digital, 2(2), 77–81.

Khasanah, M., & Antariksa, W. F. (2021). Implementasi Presensi Elektronik untuk Meningkatkan Kedisiplinan Guru dan Pegawai di Sekolah Dasar Islam. JIEMAN: Journal of Islamic Educational Management, 3(2), 221–236. https://doi.org/10.35719/jieman.v3i2.82

Manan, M. A., & Mahmudi. (2022). Analisa Fingerprint dan Implementasi Kebijakan Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMK Ibrahimy 1 dan MTs Salafiyah Syafi’iyah Putra Sukorejo. Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 91–100.

Martini, R., Agustin, R., Fairuzdita, A., & Murinda, A. N. (2019). Pengelolaan Keuangan Berbasis Aplikasi Sistem Keuangan Desa. JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(2), 69–74.

Minanti, A. A., Mukminin, A., & Mustofa, Z. (2023). Analisis Nilai Ketauhidan Pada Kitab Aqidatul Awam dalam Meningkatkan Ketaqwaan di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in. Al-Miskawaih: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 18–30.

Ramadhan, Muhammad. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara (CMN).

Mustofa, Z., Arifatuzzahro, A., Nazira, A., Wahyuni, R. D., & Mukminin, A. (2023). Pengaruh Penerapan Artificial Intellegence Pada Kehidupan Masyarakat di Indonesia. Lisyabab: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 4(1), 106–116. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v4i1.184

Radinal, W. (2021). Pengembangan Kompetensi Tenaga Pendidik di Era Disrupsi. AL FATIH Jurnal An-Nur, 1(1), 9-22.

Rahman, T., Sumarna, & Nurdin, H. (2020). Analisis Performa RouterOS MikroTik pada Jaringan Internet. JURNAL INOVTEK POLBENG, 5(1), 178–192.

Sekjen Kemenag. (2023). Penerapan Aplikasi PUSAKA. Kementerian Agama Republik Indonesia Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan.

Marlina, S., Sherli, N., & Iswantir. (2022). Pengaruh Kompetensi Tenaga Pendidik Terhadap Kualitas Pendidikan Madrasah di Sumatera Barat. Al-fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 91. https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i1.249

Susanti, R., Amelia, D. T., Damaiyana, F., & Bernadine, O. R. (2021). Produktivitas Kerja Saat Work from Home (WFH) dan Work from Office (WFO) pada Dosen FKM Universitas Mulawarman di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 13(1), 28–33. https://doi.org/10.52022/jikm.v13i1.172

Suzana, D., & Siagian, H. L. (2022). Dampak Work from Home, Work from Office dan Hybird Working terhadap Motivasi Kerja Karyawan. Journal of Telenursing (JOTING), 4(2), 546–553. https://doi.org/10.31539/joting.v4i2.4230

Downloads

Published

2024-03-31

How to Cite

Mustofa, Z., Prayitno, M. A., Alfiah, L. N., Afifah, L. I., Monika Sari, K. D., & Azis, K. (2024). Implementasi Aplikasi “Pusaka” dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i1.353

Issue

Section

Articles