KEGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Singgih Subiyantoro
  • Sri Mulyani

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i2.38

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana penggunaan Multimedia Interaktif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran Bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Kegiatan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada Siklus I siswa hanya diberikan media CD Interaktif, sementara pada Siklus II diberikan media tambahan berupa lagu dan video. Capaian dari penelitian ini diantaranya peningkatan persentase minat belajar siswa, dari 65% pada Pra Siklus, menjadi 76,7% pada akhir Siklus I, dan menjadi 86,7% pada akhir Siklus II. Peningkatan lainnya terjadi pada keaktifan siswa dan guru. Persentase keaktifan siswa mengalami peningkatan dari 72% pada Pra Siklus,  menjadi 82% pada Siklus I, dan menjadi  86% pada akhir Siklus II.  Sementara aktivitas guru meningkat dari 76% pada Pra Siklus,  menjadi 78% pada Siklus I, dan menjadi  85% pada akhir Siklus II.  Peningkatan ini tentu dikarenakan adanya perbaikan-perbaikan selama proses pembelajaran oleh guru dan kolaborator selama dua Siklus. Berdasarkan Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilakukan dapat disimpulkan penggunaan multimedia interaktif secara tepat mampu meningkatkan minat belajar Bahasa Inggris.

Downloads

Published

2017-06-30

How to Cite

Subiyantoro, S., & Mulyani, S. (2017). KEGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 92–100. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i2.38

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)