Meta-Analisis Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran Sekolah Dasar

Authors

  • Annisa Muthmainnah Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Anggit Grahito Wicaksono Universitas Slamet Riyadi, Indonesia
  • Marfela Randy Puspitasari Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Aan Widhiantoro Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i4.382

Keywords:

Problem-Based Learning, Meta-analisis, Berpikir Kritis, Sekolah Dasar, Effect Size

Abstract

Pendidikan memegang peran krusial dalam kemajuan suatu bangsa. Tanpa pendidikan yang berkualitas, suatu bangsa akan kesulitan bersaing di era global. Kualitas pendidikan dapat diamati melalui proses pembelajaran, di mana penerapan model Problem-Based Learning (PBL) terbukti efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Penelitian meta-analisis ini menganalisis 5 artikel jurnal nasional melalui teknik dokumentasi dengan purposive sampling. Hasil analisis menunjukkan effect size (ES) bervariasi dari 0,4 (kategori sedang) hingga 1,8 (kategori tinggi), dengan rata-rata 0,98 yang tergolong besar. Temuan ini mengungkap bahwa: (1) PBL berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, (2) meningkatkan pemahaman materi, (3) memfasilitasi penerapan materi melalui eksperimen, dan (4) mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Implementasi PBL paling optimal ketika menggunakan masalah autentik, durasi intervensi cukup panjang, dan scaffolding terstruktur. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan guru dalam merancang PBL, pengembangan modul pendukung, dan penelitian lanjutan dengan cakupan lebih luas.

Author Biographies

Annisa Muthmainnah, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Marfela Randy Puspitasari, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Aan Widhiantoro, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

References

Bektiarso, S., Megawati, N., & Prastowo, S. H. B. (2022). Self-efficacy and student physics learning outcomes in problem based learning (PBL) with phet media.

Borenstein, M., Hedges, L. V, Higgins, J. P. T., & Rothstein, H. R. (2021). Introduction to meta-analysis. John wiley & sons.

Cohen, J. (2013). Statistical Power Analysis for the Behavioural Science. In Statistical Power Anaylsis for the Behavioral Sciences.

Cooper, H., Hedges, L. V, & Valentine, J. C. (2019). The handbook of research synthesis and meta-analysis. Russell Sage Foundation.

Danoebroto, S. W. (2015). Teori belajar konstruktivis Piaget dan Vygotsky. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 2(3), 191–198.

Devirita, F., Neviyarni, N., & Daharnis, D. (2021). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 469–478.

Elder, L., & Paul, R. (2020). Critical thinking: Tools for taking charge of your learning and your life. Rowman & Littlefield.

Erlita, R., Untari, E., & Murdiyah, S. (2020). Pengaruh Model Brain Based Learning (BBL) Berbasis Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 116–126.

Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insight Assessment.

Hmelo-Silver, C. E., Duncan, R. G., & Chinn, C. A. (2007). Scaffolding and achievement in problem-based and inquiry learning: a response to Kirschner, Sweller, and. Educational Psychologist, 42(2), 99–107.

Krajcik, J., Schneider, B., Miller, E. A., Chen, I.-C., Bradford, L., Baker, Q., Bartz, K., Miller, C., Li, T., & Codere, S. (2023). Assessing the effect of project-based learning on science learning in elementary schools. American Educational Research Journal, 60(1), 70–102.

Lestari, N. M. S. A., Parmiti, D. P., & Widiana, I. W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Penilaian Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(2).

Lipsey, M. W., & Wilson, D. B. (2001). Practical meta-analysis. SAGE publications, Inc.

Novalinda, R., Giatman, M., & FAJRA, M. (2020). Problem-based learning: 21st century vocational education. International Journal Of Multi Science, 1(08), 12–19.

Nufus, H., Herizal, H., & Sahputri, L. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 7(1), 12–19.

Nursiam, N. R., Widodo, W., & Ekasari, A. (2023). PBL: Improving Problem Solving Ability in Science Subject Materials. Journal on Teacher Education, 5(1), 64–74.

Palincsar, A. S. (2012). Social constructivist perspectives on teaching and learning. An Introduction to Vygotsky, 290–319.

Patton, S. (2020). Elementary School Teacher’s Beliefs, Organizational Change, and STEM Implementation: Factors Impacting Teacher Leadership.

Pollard, A., Wyse, D., Craig, A., Daly, C., Harmey, S., Hayward, L., Higgins, S., McCrory, A., & Seleznyov, S. (2023). Reflective teaching in primary schools. Bloomsbury Publishing.

Savery, J. R. (2019). Comparative pedagogical models of problem‐based learning. The Wiley Handbook of Problem‐based Learning, 81–104.

Schleicher, A. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD Publishing.

Sugini, C. M., & Masniladevi, M. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar, 9(3), 59–69.

Tangkearung, S. S. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(3), 63–67.

UNESCO. (2021). Reimagining our futures together: A new social contract for education. Educational and Cultural Organization of the United Nations Paris, France.

Walker, A., & Leary, H. (2023). Conducting problem-based learning meta-analysis: Complexities, implications, and best practices. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 17(2).

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Muthmainnah, A. ., Wicaksono, A. G., Puspitasari, M. R. ., & Widhiantoro, A. . (2024). Meta-Analisis Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran Sekolah Dasar. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(4), 181–187. https://doi.org/10.32585/edudikara.v9i4.382

Issue

Section

Articles