PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURE NUMBERED HEADS

Authors

  • Miftah Hidayat

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i2.44

Abstract

Pembelajaranpadakurikulum 2013 mengedepankanperanpesertadidik yang lebihdominan.Pesertadidikakanlebihaktifjikamemilikimotivasidalambelajar. Hal tersebut akan menjadikan materi-materi pembelajaran yang diberikan lebih mudah ditangkap dan dipahami oleh peserta didik. Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas penelitianmelihat proses pembelajaran dan dari keterangan guru geografi, didapatkan bahwa motivasi belajar para peserta didik masih kurang. Berdasarkan judul tersebut penelitian ini mengkaji tentang motivasi belajar peserta didik yang dilakukan di kelas XI IIS SMAN 5 Bandung. Hal ini bisa dilihat pada saat kegiatan pembelajaran masih banyak siswa yang tidak memperhatikan pelajaran dengan baik, bermain hp, mendengarkan musik dengan earphone, dan mengobrol. Ini mengindikasikan bahwa kondisi pembelajaran menyenangkan harus diterapkan sehingga menarik motivasi belajar para peseta didik. Dan salah satu metode yang memungkinkan untuk menciptakan situasi belajar yang kondusif adalah model pembelajaran kooperatif tipe Structure Numbered Heads. Metodeinidianggapcocokkarena mengutamakan kerjasama kelompok dalam menyelesaikan suatu permasalahan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran Structure Numbered Heads. 2) Mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui metode pembelajaran Structure Numbered Heads. 3) Mengetahui kendala-kendala apa saja yang muncul ketika menerapkan metode Structure Numbered Heads. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Taggart, penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, satu siklus dilakukan sebanyak dua tindakan maka keseluruhan Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan sebanyak 4 tindakan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Structure Numbered Heads dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari poin-poin dari lembar observasi motivasi belajar peserta didik dari tiap tindakan yang meningkat persentase tiap tindakan.Tindakanpertamamenunjukkankategori “rendah”, tindakankeduamenunjukkankategori “cukup”, tindakankategori “baik” dantindakankeempatdengankategori “baik”. Peningkatan yang terjaditaklepasdaripenggunaanmetodeStructure Numbered Heads yang dipadukandenganbeberateknikpembelajaran.

Downloads

Published

2017-06-30

How to Cite

Hidayat, M. (2017). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURE NUMBERED HEADS. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 145–159. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i2.44

Issue

Section

Articles