PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMANCERITA CEKAK DENGAN METODE MIND MAPPING

Authors

  • Sriyanti Pamungkasari
  • Andayani yani
  • Budhi Setiawan

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i2.45

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman cerita cekak dengan metode mind mapping dan penggunaan media audio.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), yaitu suatu penelitian yang merupakan kolaborasi antara peneliti, guru dan siswa.Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus meliputi empat tahapan: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIH MTs Negeri Sragen.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan tes. Uji validitas data untuk mengetahui keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber  dan trianggulasi teknik. Teknik analisa data menggunakan teknik deskriptif kualitatif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIIIH MTs Negeri Sragen. Hal tersebut terefleksi dari indikator keberhasilan yaitu kemampuan membaca pemahaman cerita cekak siswa terus meningkat dari nilai rata-rata 68,72 pada pra siklus, meningkat pada siklus I (77,95), dan siklus II (83,59). Peningkatan nilai tersebut telah memenuhi batas kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 75.

 

Downloads

Published

2017-06-30

How to Cite

Pamungkasari, S., yani, A., & Setiawan, B. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMANCERITA CEKAK DENGAN METODE MIND MAPPING. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 160–169. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i2.45

Issue

Section

Articles