PENGEMBANGANEDUCATION GAME BERBASIS FLASH(EGBF) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA

Authors

  • Para Mitta Purbosari
  • Paradika Angganing
  • Tri Sutrisno

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i4.60

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan education game berbasis flash(EGBF) untuk meningkatkan motivasi belajar IPA pada siswa sekolah dasar.Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal Research and Development (R & D).Langkah-langkah dalam penelitian dan pengembangan menjadi tiga tahapan, yaitu; 1) tahap pendahuluan; 2) tahap pengembangan; dan 3) tahap pengujian model.Hasil akhir penelitian ini adalah validasi tim ahli menyatakan dari setiap komponen aspek penilaian sebanyak 10 butir sudah berada pada nilai dibawah 1 dan uji coba media diperoleh skor 71,5 yang berarti bahwa media EGBF layak digunakan dan terdapat peningkatan motivasibelajar menggunakan media pembelajaran yang berbentukeducation game berbasis flash(EGBF) pada siswa Sekolah Dasar Negeri Se-Gugus Tidar Kecamatan Bulu Kabupaten Sukoharjo. Hasil penelitian ini di tunjukkan dengan data kuantitatif berupa peningkatan motivasi guru mengajar IPA yang ditunjukkan dari awal pada rata-rata 50% menjadi 75% dan peningkatan motivasi siswa belajar IPA dari 7,14% menjadi 92,85%.

Downloads

Published

2017-12-30

How to Cite

Purbosari, P. M., Angganing, P., & Sutrisno, T. (2017). PENGEMBANGANEDUCATION GAME BERBASIS FLASH(EGBF) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 287–294. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i4.60

Issue

Section

Articles