MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP POSITIF MAHASISWA AKUNTANSI MELALUIPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Authors

  • Baiq Fitri Arianti

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i4.62

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran berbasis masalahyang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap positif mahasiswa akuntansi offering FF Universitas Negeri Malang. Hasil penelitian pada mahasiswa di offering FF Universitas Negeri Malang pada tahun ajaran 2011/2012 menunjukkan bahwa ketercapaian dosen dan ketercapaian aktivitas mahasiswa dalam menerapkan model pembelajaran berbasis masalah pada setiap siklus yaitu ketercapaian dosen dan ketercapaian aktivitas mahasiswa pada siklus 1, 2 dan 3. sedangkan peningkatan persentase observasi kempampuan berpikir kritis dan sikap positif mahasiswa pada saat pembelajaran pengantar akuntansi II berlangsung dapat dilihat pada analisis hasil penskoran persentase kemampuan berpikir kritis mahasiswa dapat ditunjukkan oleh persentase seluruh aspek kemampuan berpikir kritis tiap tindakan siklus.Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam pembelajaran pengantar akuntansi II pada mahasiswa akuntansi offering FF Universitas Negeri Malang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan sikap positif mahasiswa terhadap pembelajaran pengantar akuntansi II mengalami peningkatan.

Downloads

Published

2019-03-23

How to Cite

Arianti, B. F. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP POSITIF MAHASISWA AKUNTANSI MELALUIPEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 295–306. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i4.62

Issue

Section

Articles