PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN SILABUS DAN RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA

Authors

  • Nora Susilawati
  • Desri Nora AN

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i4.70

Abstract

Penelitian ini bertujuan membantu mahasiswa dalam mempermudah pemahaman mereka tentang bagaimana cara pembuatan Silabus dan RPP serta dengan adanya video tutorial yang dikembangkan akan dapat memberikan kesempatan yang luas untuk mahasiswa dalam mempelajari pembuatan Silabus dan RPP kapan pun dan dimana pun. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development  (R&D).  Sampel penelitian yang digunakan adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Perencanaan Pembelajaran Jurusan Pendidikan Sosiologi/Antropologi yang berjumlah 56 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan lembar validasi serta angket/respon mahasiswa. Untuk selanjutnya, masing–masing lembar jawaban angket akan diukur untuk menentukan tingkat kesesuaian atau ketepatan video tutorial yang telah dikembangkan dalam bentuk persentase kelayakan produk untuk digunakan. Berdasarkan temuan penelitian, telah ditemukan bahwa respon mahasiswa terhadap video tutorial yang dikembangkan oleh peneliti berkategori Baik dengan tingkat rata-rata persentase sebesar 52,0 %, dan respon Sangat Baik berata-rata sebesar 38,9 %, sedangkan sebesar 8,4 % respon mahasiswa berkategori Kurang Baik dan 0,6 % respon mahasiswa menanggapi Tidak Baik. Maka dapat dikatakan video tutorial tentang Pembuatan Silabus dan RPP dapat digunakan sebagai perangkat perkuliahan dan tidak perlu ada perbaikan yang harus dilakukan peneliti.

Downloads

Published

2017-12-30

How to Cite

Susilawati, N., & AN, D. N. (2017). PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL PEMBUATAN SILABUS DAN RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN BAGI MAHASISWA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 364–372. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i4.70

Issue

Section

Articles