PENGARUH PENGGUNAAN MINIATUR MOBIL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Djatmiko Hidajat
  • Dewi Susilowati
  • Andhika Ayu Wulandari

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.74

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mempunyai tingkat motivasi tinggi dan rendah.Penelitian ini adalah penelitian eksperimentasi semu, yang dilaksanakan di SDIT MTA Gemolong Kabupaten Sragen 2015/2016.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang terdiri dari 3 kelas dengan banyak 75 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes prestasi belajar matematika dan angket motivasi belajar siswa. Data dianalisis dengan ANOVA dua jalan sel tak sama dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil dari penelitian adalah tingkat motivasi siswa ada pengaruh positif terhadap prestasi matematika.

Downloads

Published

2018-03-30

How to Cite

Hidajat, D., Susilowati, D., & Wulandari, A. A. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MINIATUR MOBIL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 14–22. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.74

Issue

Section

Articles