ANALISIS MASALAH PEMBELAJARAN KELAS XII JURUSAN PERTANIAN DI SMK PABA BINJAI

Authors

  • Dina Adreini Br Tarigan

DOI:

https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.75

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah-masalah pembelajaran kimia di SMK PABA Binjai kelas XII jurusan pertanian.Penelitian ini dilaksanakan di SMK PABA Binjai, yang menjadi sampel adalah kelas XII jurusan pertanian. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan angket.Wawancara dilakukan dengan pembantu kepala sekolah dan guru, pemberian angket dilakukan pada siswa.Metode analisis yang digunakan adalah metode deskritif (%).Berdasarkan hasil angket dan wawancara, masalah pembelajaran yang ditemukan dianalisis dari 3 (tiga )aspek yaitu: (a) Masalah pembelajaran meliputi faktor siswa, guru dan fasilitas, 50% siswa tidak menyukai kimia karena materinya sulit dipahami, guru yang mengajar berlatarbelakang dari nonkependidikan dan mengajarkan dua mata pelajaran sekaligus yakni fisika dan kimia sehingga tidak maksimal dalam mengajar, 63% siswa menyatakan fasilitas lab kurang lengkap  (b) Masalah bahan ajar, bahan ajar yang digunakan ini tidak sesuai dengan kelas XII SMK pertanian karena isi materi buku tersebut adalah materi dan ringkasan soal-soal kelas 1 sampai kelas 3 sekolah Menengah Atas (SMA). Urutan materi buku tersebut tidak sesuai dengan apa yang dikembangkan dalam silabus BSNP yang diadopsi SMK pertanian PABA Binjai. (c) Masalah resources (sumber belajar), sumber belajar yang digunakan adalah guru dan fasilitas (ruang kelas, laboratorium kebun percobaan belum maksimal).

Downloads

Published

2018-03-30

How to Cite

Tarigan, D. A. B. (2018). ANALISIS MASALAH PEMBELAJARAN KELAS XII JURUSAN PERTANIAN DI SMK PABA BINJAI. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 23–31. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.75

Issue

Section

Articles